Pöstlberger Menang dan Rebut Jersey Kuning

Jersey kuning telah berpindah tangan. Simbol pemuncak General Classification di Criterium du Dauphine 2021 itu kini menjadi milik Lukas Pöstlberger (Bora-Hansgrohe). Sprinter asal Austria ini mendapatkannya setelah menang di Etape 2, Senin (31/5).

Ini merupakan kemenangan kedua Pöstlberger di pentas WorldTour. Juga menjadi yang pertama untuk musim ini. Sebelumnya, pembalap 29 tahun tersebut naik podium usai menang di Etape 1 Giro d'Italia 2017.

"Saya tahu tubuh saya dalam kondisi sangat bagus setelah kamp pelatihan terakhir saya. Ketika saya menerima rencana performa balapan dua minggu lalu, saya sudah berpikir untuk melakukannya di salah satu dari dua tahap pertama," ungkap Pöstlberger seusai lomba.

Seperti yang terjadi di Etape 1 lalu, podium di Etape 2 menjadi milik pembalap yang melakukan breakaway. Ialah Pöstlberger. Etape 2 berlangsung dari Brioude menuju Saugues. Total jaraknya 172,8 kilometer. Pöstlberger menyerang saat lomba belum genap berlangsung sepuluh kilometer.

Pöstlberger tak sendirian. Ada empat pembalap lain bersamanya. Mereka adalah Anthony Delaplace (Arkéa-Samsic), Matt Holmes (Lotto Soudal), Shane Archbold (Deceuninck-QuickStep), dan Robert Power (Qhubeka Assos). Mereka tetap berada dalam satu grup saat nanjak di Col de Peyra Taillade.

Col de Peyra Taillade merupakan yang terberat di etape ini. Ini adalah tanjakan Kategori 1 dengan gradien 7,2 persen dan panjang 8,6 kilometer. Selain Col de Peyra Taillade, pembalap harus menaklukkan empat tanjakan lainnya di tahapan ini.

Kelompok breakaway mulai terpecah setelah Power tertangkap peloton sebelum nanjak di Côte d'Auvers, 53 kilometer menjelang finis. Setelah manuvernya bersama Archbold berhasil, Pöstlberger menanggalkan pembalap Selandia Baru ini, lalu nanjak sendirian sendirian di Côte de la forêt de Pourcheresse di sisa 10 kilometer.

Pöstlberger tak tersentuh ketika mulai mendaki di tanjakan pemungkas di Cote de Masset. Ia memungkasi perjuangannya dengan memenangkan Etape 2 ini. Sonny Colbrelli (Bahrain Victorious) dan Alejandro Valverde (Movistar) finis kedua dan ketiga dengan selisih 11 detik.

"Tidak banyak sprinter di sini. Oleh karena itu, sedikit lebih mudah bagi kelompok breakaway untuk bertahan. Saya sangat menderita di enam kilometer terakhir. Tapi saya berhasil," aku Pöstlberger.

Tak sekadar menang, Pöstlberger naik 33 peringkat ke puncak General Classification, dan berhak mengenakan jersey kuning.

"Saya merasa luar biasa karena meraih kemenangan di etape ini. Juga tidak percaya karena saya akan memulai etape berikutnya dengan mengenakan jersey kuning. Saya sudah lama menantikannya. Ini pasti salah satu kesuksesan terbesar saya," tutur pembalap kelahiran Vöcklabruck itu. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Criterium du Dauphine 2021 (Top Ten)
1. Lukas Pöstlberger (Austria), Bora-Hansgrohe 4 jam 25 menit 20 detik
2. Sonny Colbrelli (Italia), Bahrain Victorious +11
3. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +11
4. Kasper Asgreen (Denmark), Deceuninck-QuickStep +11
5. Sven Erik Bystrom (Norwegia), UAE Team Emirates +11
6. Patrick Konrad (Austria), Bora-Hansgrohe +11
7. Ilan Van Wilder (Belgia), Team DSM +11
8. Greg Van Avermaet (Belgia), AG2R Citroën +11
9. Alex Aranburu (Spanyol), Astana-Premier Tech +11
10. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +11

General Classification usai 2 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Lukas Pöstlberger (Austria), Bora-Hansgrohe 8 jam 38 menit 32 detik
2. Sonny Colbrelli (Italia), Bahrain Victorious +12 detik
3. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +20
4. Kasper Asgreen (Denmark), Deceuninck-QuickStep +24
5. Alex Aranburu Deba (Spa) Astana-Premier Tech +24
6. Patrick Konrad (Austria), Bora-Hansgrohe +24
7. Michael Valgren (Denmark), EF Education-Nippo +24
8. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +24
9. Geraint Thomas (Inggris), Ineos Grenadiers +24
10. Ilan Van Wilder (Belgia), Team DSM +24

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 43

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO, Getty Images


COMMENTS