Fortunato Taklukkan Zoncolan, Bernal Masih Pink

Egan Bernal (Ineos Grenadiers) menunjukkan magisnya di Monte Zoncolan, Sabtu (22/5) malam. Pembalap asal Kolombia tersebut berhasil menjauh dari para pesaingnya di General Classification (GC). Sedangkan kemenangan di Etape 14 menjadi milik pembalap Italia, Lorenzo Fortunato (Eolo-Kometa)

Tahapan ini merupakan salah satu yang terberat di pekan kedua Giro tahun ini. Monte Zoncolan adalah menu utamanya hari ini. Para pembalap melaju dari Sutrio. Mereka menaklukkan tanjakan bergradien rata-rata 11,9 persen sepanjang 14,1 kilometer. Sementara Etape 14 menempuh rute sepanjang 205 kilometer.

Sebanyak sebelas pembalap sudah membentuk kelompok breakaway, sekitar sembilan kilometer dari garis start di Cittadella. Fortunato termasuk di dalamnya bersama pembalap macam Bauke Mollema (Trek-Segafredo), Jan Tratnik (Bahrain Victorious), dan George Bennett (Jumbo-Visma).

Setelah mendomonasi sepanjang balapan, mereka mulai rontok dan hanya menyisakan enam pembalap saat mulai menanjak di Monte Zoncolan. Manuver diawali oleh Tratnik yang melaju makin kencang di sebelas kilometer menjelang finis. Fortunato menyusul tak lama kemudian.

Fortunato mulai meningkatkan kecepatannya dan meninggalkan Tratnik di sisa 2,2 kilometer. Di tengah kabut yang tebal, pembalap 25 tahun ini berhasil menaklukkan Etape 14 dengan catatan waktu 5 jam 17 menit 22 detik. Tratnik di posisi dua dengan selisih 26 detik. 3. Alessandro Covi (UAE Team Emirates) di posisi ketiga.

"Saya tahu bahwa tiga kilometer terakhir di Zoncolan adalah bagian tersulit. Untuk alasan ini saya menunggu bagian hingga mencapai terakhir Zoncolan, lalu menyerang, dan kemudian saya memberikan segalanya sampai garis finis," bilangnya seusai lomba.

Meski Fortunato berhasil menaklukkan Zoncolan dan memenangkan Etap 14, balapan masih belum terakhir. Di belakang ketiga pembalap itu ada barisan sejumlah nama penghuni sepuluh besar GC. Bernal menjadi satu di antaranya.

Bernal mulai menunjukkan taringnya di 900 meter terakhir. Ia membuntuti Simon Yates (Team BikeExchange) yang mulai berakselerasi di kilometer pemungkas. Juar Tour de France 2019 itu berhasil menyalip Yates dan mengamankan ranking keempat di Zoncolan.

"Saya mengikuti Simon Yates ketika ia mulai menyerang. Kemudian saya melakukan akselerasi di final. Saya pikir saya melakukan balapan yang bagus. Sekarang saya memiliki keunggulan yang bagus. Tapi saya harus tetap tenang dan fokus. Sebab apa pun bisa terjadi di Giro," ucap Bernal.

Hasil Etape 14 mengubah posisi pembalap di GC. Bernal berada di puncak dengan Yates menempel di posisi dua. Kedua pihak terpaut 93 detik. Remco Evenepoel (Deceuninck-QuickStep) juga makin ambyar. Pembalap Belgia ini menempati ranking kedelapan di GC. Kini ia terpaut hamoi empat detik dari Bernal. (mainsepeda)

Hasil Etape 14 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Lorenzo Fortunato (Italia), Eolo-Kometa 5 jam 17 menit 22 detik
2. Jan Tratnik (Slovenia), Bahrain Victorious +26
3. Alessandro Covi (Italia), UAE Team Emirates +59
4. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +1:43
5. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +1:47
6. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +1:54
7. George Bennett (Selandia Baru), Jumbo-Visma +2:10
8. Nelson Oliveira (Portugal), Movistar +2:18
9. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +2:22
10. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +2:22

General Classification usai 14 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers 58 jam 30 menit 47 detik
2. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +1:33
3. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +1:51
4. Aleksandr Vlasov (Rusia) Astana-Premier Tech +1:57
5. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +2:11
6. Emanuel Buchmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +2:36
7. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +3:03
8. Remco Evenepoel (Belgia), Deceuninck-QuickStep +3:52
9. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +3:54
10. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +4:31

Foto: Getty Images


COMMENTS