Bernal Menang dan Rebut Maglia Rosa

Egan Bernal akhirnya pecah telur. Pembalap Kolombia dan andalan tim Ineos Grenadiers ini memenangkan Etape 9 Giro d'Italia 2021. Ini adalah kemenangan perdana Bernal di Giro, sekaligus yang pertama di ajang Grand Tour. Kini Bernal memuncaki General Classification (GC) dan berhak mengenakan maglia rosa (pink jersey).

Cedera punggung telah mengubah orientasi dan target Bernal. Ia ingin debut di Giro dengan sedikit mengesampingkan Tour de France. Meski menjadi unggulan di Italia, banyak pihak yang mempertanyakan kapasitas Bernal.

Apalagi Bernal belum pernah memenangkan satu balapan pun dari lima lomba yang ia ikuti musim ini. Pencapaian terbaiknya adalah finis kedua di Etape 3 Tour de la Provence dan di Trofeo Laigueglia. Kemudian finis ketiga di Strade Bianche. Meski demikian, Bernal pantang mundur.

Untuk menyukseskan Bernal sebagai kampiun Giro tahun ini, Ineos Grenadiers mengirimkan skuad bintang lima. Ada Jonathan Castroviejo, Filippo Ganna, Daniel Martínez, Gianni Moscon, Jhonatan Narváez, Salvatore Puccio, dan Pavel Sivakov. Sayang Sivakov harus out karena crash di Etape 5.

Kerja keras Bernal akhirnya membuahkan hasil. Ia mengunci podium pertama di Etape 9. Tahapan ini hanya 158 kilometer. Para rider harus menaklukkan dua tanjakan Kategori 2 di Passo Godi dan Ovindoli. Kemudian naik ke garis finis Campo Felice yang memiliki gradien 5,8 persen.

Bernal menuntaskan etape ini dalam waktu 4 jam 8 menit 23 detik. Ia terpaut tujuh detik dari Giulio Ciccone (Trek-Segafredo) dan Aleksandr Vlasov (Astana-Premier Tech) yang finis kedua dan ketiga. Sedangkan Remco Evenepoel (Deceuninck-QuickStep) bercokol di posisi empat.

Kemenangan Bernal membawanya ke puncak GC. Ia menggusur Attila Valter (Groupama-FDJ) yang berkuasa di tiga etape terakhir. "Saya tidak percaya dengan apa yang terjadi. Saya baru saja memenangkan etape pertama saya di Grand Tour," ucap Bernal.

Sebelum melaju di Giro tahun ini, Bernal telah tampil di tiga edisi Tour de France. Ia belum pernah mendapatkan satu kemenangan pun di Prancis. Pun demikian halnya ketika ia menjuarai Tour de France 2019 lalu. Pada saat itu, pencapaian terbaiknya adalah finis kedua di Etape 2.

"Saya membuat banyak pengorbanan untuk berada di posisi ini setelah Tour de France tahun lalu. Jadi saya sangat senang dengan kemenangan ini," bilang pembalap 24 tahun itu seusai lomba, Minggu (16/5) malam.

Matej Mohoric

Sementara itu, nasib tragis dialami Matej Mohoric (Bahrain-Victorious). Pembalap asal Slovenia itu jungkir balik dari sepedanya saat lomba tersisa 118 kilometer. Sungguh malang, rider 26 tahun ini harus dilarikan ke rumah sakit dan tidak bisa melanjutkan lomba.

Kecelakaan Mohoric memperparah kondisi tim Bahrain Victorious. Kini mereka hanya tersisa enam pembalap di Giro. Sebelumnya, Mikel Landa terpaksa meninggalkan Giro setelah mengalami kecelakaan di empat kilometer menjelang finis di Etape 5. (mainsepeda)

Hasil Etape 9 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers 4 jam 8 menit 23 detik
2. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +7
3. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +7
4. Remco Evenepoel (Belgia), Deceuninck-QuickStep +10
5. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +10
6. Damiano Caruso (Italia), Bahrain-Victorious +12
7. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +12
8. Marc Soler (Spanyol), Movistar +12
9. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +12
10. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +12

General Classification usai 9 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers 35 jam 19 menit 22 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), Deceuninck-QuickStep +15
3. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +21
4. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +36
5. Attila Valter (Hungaria), Groupama-FDJ +43
6. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +44
7. Damiano Caruso (Italia), Bahrain-Victorious +45
8. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +51
9. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +55
10. Davide Formolo (Italia), UAE Team Emirates +1:01

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: RCS Sport, Getty Images


COMMENTS