Canyon Rilis Grizl, karena Masa Depan Makin Gravel

Masa depan tampaknya semakin "gravel." Salah satu produsen paling massal di dunia, Canyon, kembali merilis senjata baru untuk kategori segala medan tersebut. Mereka meluncurkan Grizl, sepeda drop bar yang semakin bisa diajak menuju medan ekstrem, atau membawa beban bawaan ekstra.

Berasal dari Jerman, Canyon termasuk paling inovatif. Di kategori "tengah-tengah" antara road dan offroad ini, mereka praktis punya tiga senjata sekarang.

Dari sisi yang paling road, mereka sudah lama punya Endurace, baik karbon maupun aluminium. Ini adalah sepeda road kategori endurance, yang bisa dipasangi ban 32 mm, dan bisa diajak gowes "light gravel."

Lalu, ketika kategori gravel makin booming, mereka merilis Grail. Versi karbonnya bikin heboh, karena dilengkapi dengan "hoverbar" alias handlebar ganda alias tumpuk. Namun, versi aluminiumnya dilengkapi kokpit normal.

Nah, kalau sudah ada Grail, buat apa ada Grizl?

Rupanya, Canyon ingin memiliki produk yang lebih ekstrem lagi. Grail lebih diposisikan sebagai performance gravel, dengan kata lain mengarah ke ajang balap gravel yang belakangan makin populer di dunia.

Grizl merupakan jawaban bagi yang ingin sepeda gravel yang lebih ekstrem lagi. Yang bisa dipasangi ban lebih lebar lagi. Yang bisa dipasangi lebih banyak lagi tas dan aksesori untuk bepergian lebih jauh. Mungkin sampai tidak perlu pulang ke rumah.

Grizl, terbuat dari karbon, bisa dipasangi ban 700c hingga lebar 50 mm. Kecuali dua ukuran terkecilnya, XS dan XXS, yang harus menggunakan ban 650b. Perbedaan ini merasa diperlukan, agar tidak ada kompromi berlebihan dalam hal geometri antara size terkecil dan terbesar.

Bagi yang doyan bikepacking, ada begitu banyak tempat untuk menaruh tas dan lain-lain di sepeda ini. Setiap sisi fork misalnya, dilengkapi tiga baut mounting, masing-masing sisi bisa ditambahi beban bawaan hingga 3 kg.

Karena bisa diajak ke medan paling ekstrem dan perjalanan paling berat, Grizl dirancang bisa dipasangi rotor rem hingga 180 mm.

Untuk saat ini, Canyon baru merilis versi karbon. Mereka mengaku sedang mengembangkan versi aluminiumnya untuk pasar yang membutuhkan harga sepeda lebih terjangkau. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Episode 36 "Agar Tak Salah Paham Gravel Bike"

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Canyon


COMMENTS