Tom Dumoulin Beri Sinyal Comeback

Ada satu "penonton" yang dibiarkan masuk ke Amstel Gold Race, Minggu (18/4) kemarin. Ia bisa leluasa menyaksikan langsung balapan terakbar di Belanda itu dari pinggir jalan. Penonton spesial itu adalah Tom Dumoulin.

Dumoulin datang dengan seorang wanita. Ia tampil sangat necis dengan setelan celana jin biru dipadukan dengan jaket kulit bercorak gelap. Ketika balapan dimulai, Dumoulin berdiri di pinggir jalan dan menyaksikan rekan sejawatnya saling beradu cepat.

Pembalap 30 tahun itu seharusnya menjalani musim kedua bersama tim Jumbo-Visma. Akan tetapi, sebelum kompetisi 2021 dimulai, Dumoulin membuat pernyataan mengejutkan. Ia memutuskan cuti dari balap sepeda hingga tempo yang tidak ditentukan.

"Keputusan ini membuat saya seperti melepas tas ransel seberat seratus kilogram dari pundak. Saya bangun dengan perasaan bahagia," ucap Dumoulin dalam pernyataan resmi di Jumbo-Visma.

Kehadirannya di Amstel Gold Race memunculkan rumor bahwa Dumoulin akan balapan lagi dalam waktu dekat. Namun rumor tersebut ditepis oleh Nederlandse Omroep Stichting (NOS). Media asal Belanda itu menegaskan, kunjungan Dumoulin sekadar ingin melihat balap sepeda saja.

Menurut laporan Cyclingnews, Dumoulin telah terlihat berlatih dalam beberapa pekan terakhir. Ia telah menggunakan sepeda time trial dan terlihat mengenakan jersey Jumbo-Visma. Hanya saja belum ada kabar pasti terkait kemungkinan tanggal comeback-nya.

Keputusan Dumoulin untuk cuti dari balapan memang berdampak ke tim. Namun Direktur Jumbo-Visma Merijn Zeeman menegaskan bahwa mengembalikan kesehatan mental dan kesejahteraan pembalap adalah prioritas utamanya.

"Kami punya 27 pembalap di mana Tom ada di dalamnya. Sayangnya ia belum menjadi bagian dari tim untuk saat ini," katanya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 40

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Jumbo-Visma


COMMENTS