Gaudu Menang, Roglic Juara Overall

Tour of the Basque Country 2021 menjadi milik Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Pembalap Slovenia menjuarai ajang ini setelah finis ketua di Etape 6, Sabtu (10/4) malam. Malam makin sempurna untuk tim Jumbo-Visma setelah Jonas Vingegaard menduduki ranking kedua di General Classification (GC).

Kegagalan sempat membayangi pembalap 31 tahun tersebut. Utamanya setelah Roglic melorot ke posisi dua di GC setelah finis ke-14 di Etape 4. Roglic masih belum beranjak dari posisi dua hingga berakhirnya Etape 5, Jumat (9/4) malam.

Roglic seolah mengamuk di tahapan pamungkas. Etape 6 merupakan yang terberat. Total jaraknya 111,9 km Dari Ondarroa menuju Arrate di Eibar. Sekitar tiga kilometer sebelum finis, rider harus menaklukkan tanjakan Kategori 1 di Usartza. Panjangnya 4,6 kilometer dengan kemiringan 8,6 persen.

Saking beratnya, lebih dari 52 pembalap gagal finis di tahapan ini. Termasuk pemenang Giro d'Italia 2020 Tao Geoghegan Hart (Ineos Grenadiers).

Pembalap Prancis David Gaudu (Groupama-FDJ) finis pertama dengan catatan waktu 3 jam 5 menit 42 detik. Roglic membuntutinya di posisi kedua dengan waktu yang sama. Meski tidak menang di tahapan ini, Roglic tetap berselebrasi ketika melewati garis finis.

"Roglic bilang ia tak peduli dengan kemenangan Etape. Saya tahu bahwa jika saya membawanya ke finis pada pendakian terakhir, ia akan membiarkan saya menang. Tapi saya harus menyingkirkan (Hugh) Carthy duluan," aku Gaudu seusai balapan.

Roglic hanya mengantongi satu kemenangan etape di Tour of the Basque Country 2021. Tapi itu sudah cukup untuk membawanya menjadi juara overall. Berbeda dengan debutnya pada musim 2021 di Paris-Nice. Meski menang di tiga etape, Roglic gagal juara setelah mengalami dua kecelakaan di Etape 8.

Meraih kemenangan pertamanya musim ini membuat Roglic bungah. Roglic bercerita, ia sering kurang hoki di etape terakhir. Seperti Paris-Nice 2021 serta di Tour de France dan Critérium du Dauphiné tahun lalu.

"Hari ini sangat indah. Semuanya berjalan dengan baik dan saya bersenang-senang di keseluruhan etape ini," kata sang superstar.

"Itu adalah balapan yang bagus, dan saya balapan itu. Jonas (Vingegaard) juga tampil kuat. Jadi ini adalah penampilan yang sangat bagus oleh semua tim. Kami bersenang-senang sepanjang minggu dan hari ini adalah hari yang menyenangkan bagi kami," terangnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Tour of the Basque Country 2021 (Top Ten)
1. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ 3 jam 5 menit 42 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +0
3. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +35
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +35
5. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +35
6. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +35
7. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +1:03
8. Esteban Chaves (Kolombia), Team BikeExchange +1:05
9. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +1:05
10. Mauri Vansevenant (Belgia), Deceuninck-QuickStep +1:55

Final General Classification (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +19 jam 11 menit 36 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +52
3. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +1:07
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1:26
5. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +1:27
6. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +1:28
7. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +1:33
8. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +2:17
9. Esteban Chaves (Kolombia), Team BikeExchange +2:28
10. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +2:29

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 39

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Charly López, @PhotoGomezSport


COMMENTS