Uphill Finish, Pogacar Tumbangkan Roglic

Duel satu lawan satu antara Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) dengan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) terjadi lagi. Dua pembalap Slovenia itu bersaing di Etape 3 Tour of the Basque Country 2021, Rabu (7/4) malam. Dan Pogacar lagi-lagi menjadi pemenangnya.

Kedua pembalap ini memang sering bertemu dan saling mengalahkan. Pada kejuaraan nasional balap sepeda Slovenia 2020, misalnya. Roglic mengalahkan Pogacar di disiplin road race. Pogacar balas menghajar seniornya itu di lomba time trial.

Mereka bersaing lagi di balapan paling bergengsi, Tour de France tahun lalu. Pogacar yang sembilan tahun lebih muda, unggul jauh dari Roglic. Ia meraih tiga kemenangan, serta satu gelar juara overall. Sedangkan Roglic mendapatkan satu kemenangan dan menjadi runner up.

Pada perjumpaan terakhir musim lalu di Liège-Bastogne-Liège 2020, giliran Roglic yang berjaya. Pembalap 21 tahun ini berhasil menjadi pemenang. Sementara Pogacar finis ketiga.

Enam bulan berselang dan kedua pembalap ini berjumpa kembali di Tour of the Basque Country 2021. Roglic tancap gas. Ia menang balapan time trial di Etape 1. Pogacar membalasnya dengan menumbangkan Roglic di Etape 3.

Tahapan ini membawa pembalap melahap rute sejauh 167,7 kilometer dari Amurrio ke Ermualde (Laudio). Medannya rolling dengan dua tanjakan Kategori 3 dan satu tanjakan Kategori 2. Finisnya di tanjakan Kategori 1 di Santa Maria de Yermo. Panjangnya 3,1 kilometer dengan kemiringan 10,2 persen.

Mereka bersaing sangat ketat di kilometer terakhir. Roglic berada di depan dan Pogacar menguntit tepat di belakangnya. Tepat di 150 meter tersisa, Pogacar menyalip Roglic untuk mengamankan kemenanganya di etape ini.

Dalam wawancara seusai lomba, Pogacar menjelaskan bahwa ia bersama tim sudah mempelajari spot finis di Ermualde (Laudio). "Jadi saya menyadari ketangguhan pendakian dan saya tahu bahwa akan sangat penting untuk berada di posisi pertama," kata Pogacar.

Kemenangan atas Roglic membuat Pogacar naik ke posisi kedua di General Classification (GC). Ia terpaut 20 detik di belakang Roglic yang memuncaki GC sejak etape pertama. "Masih ada tiga hari lagi. Semuanya lumayan berat. Saya optimistis karena kondisi bagus dan tim ini balapan dengan sangat baik," ucap Pogacar. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Tour of the Basque Country 2021 (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 4 jam 4 menit 50 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +0
3. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +5
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +5
5. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +5
6. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +8
7. James Knox (Inggris), Deceuninck-QuickStep +16
8. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +16
9. Mauri Vansevenant (Belgia) Deceuninck-QuickStep +16
10. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +18

General Classification usai 3 etape dari 6 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 8 jam 7 menit 48 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +20
3. Brandon McNulty (AmerikaSerikat), UAE Team Emirates +30
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +39
5. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +50
6. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +54
7. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +1:00
8. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +1:08
9. Mauri Vansevenant (Belgia) Deceuninck-QuickStep +1:09
10. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +1:09

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 39

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS