Ada Motif Aceh di Koleksi Terbaru Serial Archipelago
by - March 29, 2021
Ada Motif Aceh di Koleksi Terbaru Serial Archipelago
by MainSepeda - March 29, 2021

SUB Jersey kembali merilis koleksi terbarunya. Serial Archipelago yang mentereng karena mengeksplorasi motif batik daerah, muncul dengan motif baru, yakni Aceh Meusyehue. Tersedia dalam dua warna, monokrom dan biru. Jersey ini sangat spesial karena proses pengerjaannya "diawasi" langsung oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Pada seri pertama, konsep Archipelago menampilkan motif Megamendung dari Cirebon, Borneo, dan Parang. Lalu SUB mempertahankan motif Megamendung di seri kedua yang dirilis akhir Mei tahun lalu. Kemudian menambahkannya dengan motif Papua.

Dalam seri ketiga yang dirilis Senin (29/3) pagi, SUB menonjolkan motif Aceh. Jersey tersebut mengombinasikan antara gambar Tari Ratoh Jaroe dengan motif khusus yang biasa melekat di kopiah meukeutop khas Aceh.

"Warna biru dan monokrom dipilih karena sedang tren saat ini. Selain itu, warna biru bisa menonjolkan motif kopiah meukeutop. Sebenarnya warna basic di Aceh itu hitam. Tapi akan terlihat kurang sporty jika dipadukan dengan motif itu. Jadi kami pilih warna biru," jabar Amdani Ocha, direktur kreatif SUB Jersey.

BACA JUGA: Berkunjung ke SUB Jersey, Gubernur Request Bikin Tema Aceh

Ocha menceritakan, masuknya motif kopiah meukeutop dalam Archipelago seri Aceh ini adalah usulan dari Nova Iriansyah. Gubernur Nova datang ke SUB pada pertengahan Oktober 2020 lalu. Selain memborong jersey, ia juga meminta SUB membuat jersey dengan tema Aceh.

SUB bergerak cepat. Mereka intens berkomunikasi dengan Gubernur Nova selama proses produksi jersey ini. Tak hanya menonjolkan Tari Ratoh Jaroe dan motif meukeutop, jargon Aceh Meusyehue (masyhur) juga melekat ke jersey itu. "Ini adalah masukan langsung dari Pak Gubernur," ungkap Ocha.

Bagus Ramadhani, CEO SUB Jersey menambahkan bahwa seri Archipelago menunjukkan betapa kaya budaya Indonesia yang bisa dan harus dibanggakan. Setelah mengusung kebudayaan sejumlah daerah di Indonesia timur, sekarang waktunya untuk menonjolkan kebudayaan di Indonesia barat.

"Pada intinya kami mau angkat budaya Aceh yang luar biasa. Mereka juga punya sektor pariwisata yang juga luar biasa. Aceh adalah salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia," ucap Rama, sapaan akrabnya, (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 37

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: SUB Jersey


COMMENTS