E3 Saxo Bank Classic 2021
Kasper Asgreen Menang, Deceuninck-QuickStep Dominan
by - March 27, 2021

Deceuninck-QuickStep mendominasi E3 Saxo Bank Classic 2021. Tim asal Belgia ini mengantarkan Kasper Asgreen sebagai pemenang, Florian Senechal sebagai runner-up, dan Zdenek Stybar yang finis di posisi kelima. Sementara Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) finis ketiga di ajang ini.

Event one-day race ini berlangsung di Harelbeke. Panjang rutenya 203,9 kilometer. Lomba sempat dikuasai 12 pembalap yang melakukan breakaway sejak 50 kilometer setelah start. Dua di antaranya adalah André Greipel (Israel Start-Up Nation) dan Niki Terpstra (Total Direct Energie).

Adalah Van der Poel, Wout van Aert (Jumbo-Visma), beserta sejumlah pembalap lainnya yang menangkap grup breakaway di sisa 70 kilometer. Mengenakan jersey juara nasional Denmark, Asgreen melakukan upaya solo di Boigneberg, 66 kilometer menjelang finis. Ia tertangkap di 12 kilometer terakhir.

Kemudian tujuh pembalap memimpin di sepuluh kilometer pamungkas. Tiga di antaranya adalah penggawa Deceuninck-QuickStep, yakni Asgreen, Senechal, dan Stybar. Mereka bersaing dengan nama-nama top seperti Van der Poel dan pembalap kawakan Greg Van Avermaet (AG2R Citroën).

Asgreen menyerang lagi di sisa lima kilometer. Kali ini strateginya berjalan mulus karena kedua rekannya, yakni Senechal dan Stybar bekerja sangat baik untuk menghalangi Van der Poel. Asgreen menjadi yang pertama memasuki garis finis.

"Saya memiliki tim yang luar biasa di sini dan mereka semua sangat kuat. Saya bisa mendengar seberapa baik mereka dalam memblokir orang lain," kata Asgreen seusai balapan. "Terima kasih sebesar-besarnya atas kerja tim yang luar biasa. Saya tak mungkin melakukan ini tanpa mereka," imbuh rider 26 tahun itu.

Ini adalah kemenangan pertamanya musim ini. Sekaligus menjadi yang pertama setelah ia menahbiskan diri sebagai juara nasional Belgia 2020, baik di nomor road race maupun time trial. Ia kali terakhir naik podium saat menjuarai Kuurne-Bruxelles-Kuurne tahun lalu.

Serangan pamunglas di lima kilometer terakhir menjadi kunci kemenangannya di E3 Saxo Bank Classic 2021. Asgreen sadar bahwa ia tidak cukup kuat untuk beradu cepat dengan Van der Poel atau pembalap top lain di kilometer penentu.

"Jadi saya harus bermanuver lebih awal dan tiba sendirian jika ingin memenangkan lomba. Opsinya cuma itu atau tidak sama sekali," terangnya. (mainsepeda)

Hasil E3 Saxo Bank Classic 2021 (Top Ten)
1. Kasper Asgreen (Denmark), Deceuninck-QuickStep 4 jam 42 menit 37 detik
2. Florian Senechal (Prancis), Deceuninck-QuickStep +32
3. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +32
4. Oliver Naesen (Belgia), AG2R Citroën +32
5. Zdenek Stybar (Ceko) Deceuninck-QuickStep +32
6. Greg Van Avermaet (Belgia), AG2R Citroën +32
7. Dylan van Baarle (Belanda), Ineos Grenadiers +32
8. Markus Hoelgaard (Norwegia), Uno-X Pro Cycling Team +1:28
9. Gianni Vermeersch (Belgia), Alpecin-Fenix +1:30
10. Marco Haller (Austria), Bahrain Victorious +1:30

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 37

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS