Van der Poel Menang setelah Solo Ride 52 Km

Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) mendominasi di Etape 5 Tirreno-Adriatico 2021, Minggu (14/3) malam. Pembalap Belanda tersebut memenangkan tahapan ini dengan aksi solo sejauh 52 kilometer. Sedangkan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) belum tergoyahkan di puncak General Classification (GC).

Etape 5 menghadirkan rute sepanjang 205 kilometer, dari Castellalto menuju Castelfidardo. Sepanjang 100 kilometer pertama didominasi medan flat. Sisanya dipenuhi bukit-bukit pendek dan ekstra curam.

Pavel Sivakov (Ineos Grenadiers) dan Davide Ballerini (Deceuninck-QuickStep) coba melarikan diri di awal lomba. Tapi mereka langsung tertangkap peloton. Kemudian lima orang pembalap, termasuk Filippo Ganna (Ineos Grenadiers), melakukan breakaway di 43 kilometer setelah start.

Kelompok Ganna baru tercerai berai di 60 kilometer terakhir. Kemudian terbentuk kelompok baru yang juga terdiri dari lima pembalap, yakni Egan Bernal (Ineos Grenadiers), Wout van Aert (Jumbo-Visma), Sergio Higuita (EF Education-Nippo), Pogacar, dan Van der Poel.

Ketika balapan tersisa 52 kilometer, Van der Poel meninggalkan keempat rivalnya itu. Pogacar sebenarnya coba mengejar. Namun sepedanya bermasalah di 50 kilometer terakhir. Van der Poel leluasa memimpin sendirian tanpa ada satu pun pembalap yang berhasil menangkapnya.

Juara dunia cyclocross 2021 itu mendominasi balapan hingga finis pertama di Castelfidardo. Pogacar di posisi kedua dengan selisih sepuluh detik. Sementara Van Aert finis ketiga. Ia terpaut 49 detik atas Van der Poel.

"Saya benar-benar membalap dalam keadaan kosong dalam beberapa kilometer terakhir. Saya diberi tahu bahwa Pogacar akan segera datang. Namun saya bahkan tidak dapat mendengarnya. Saya hanya ingin mencapai finish secepat yang saya bisa," kata Van der Poel selepas balapan.

Ia langsung tersungkur ke aspal begitu tiba di garis finis. Van der Poel bercerita bahwa keputusannya untuk menyerang lebih awal bertujuan untuk membuat tubuhnya lebih hangat di tengah cuaca yang sangat dingin.

"Saya tak tahu bagaimana saya bisa mencapai garis finis. Sebab 10 hingga 15 kilometer terakhir adalah neraka untuk saya. Sungguh menyenangkan karena kerja keras saya berbalas kemenangan di Etape ini," jelasnya.

Finis kedua di Etape 5 tidak berpengaruh ke posisi Pogacar di puncak GC. Justru ia berhasil memperlebar jarak dari pesaing terdekatnya, Van Aert. Kedua pembalap pada awalnya terpaut jarak 35 detik. Kini gap meningkat menjadi lebih dari satu menit.

"Ketika melihat Van Aert menderita, saya mencoba untuk memperlebar gap waktu di GC. Saya sangat senang dengan keunggulan yang saya miliki atas Van Aert sekarang, sebelum balapan time trial di etape terakhir," ungkap rider asal Slovenia ini.

Berikutnya, Etape 6 akan menyuguhkan medan sepanjang 169 kilometer, Senin (15/3) malam. Para pembalap akan melaju dari Castelraimondo menuju Lido di Fermo. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Tirreno-Adriatico 2021 (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 4 jam 48 menit 17 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +10
3. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +49
4. Fabio Felline (Italia), Astana-Premier Tech +1:26
5. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +2:07
6. Davide Formolo (Italia), UAE Team Emirates +2:07
7. Tim Wellens (Belgia), Lotto Soudal +2:18
8. Alessandro De Marchi (Italia), Israel Start-up Nation +2:18
9. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +2:25
10. Matteo Fabbro (Italia), Bora-Hansgrohe +2:45

General Classification usai 5 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 22 jam 41 menit 41 detik
2. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +1:15
3. Mikel Landa (Spanyol) Bahrain Victorious +3:00
4. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +3:30
5. Matteo Fabbro (Italia), Bora-Hansgrohe +3:54
6. Tim Wellens (Belgia), Lotto Soudal +4:30
7. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +4:42
8. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +5:03
9. Vincenzo Nibali (Italia), Trek-Segafredo +5:54
10. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +6:58

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 35

Foto: Getty Images


COMMENTS