UAE Tour 2021 - Etape 7 (Habis)
Tadej Pogacar Juara UAE Tour 2021
by - February 27, 2021

Tadej Pogacar menjuarai UAE Tour 2021. Pembalap UAE Team Emirates ini berpesta di "kandang sendiri", Sabtu (27/2) malam waktu Indonesia. Sementara itu, Caleb Ewan akhirnya mendapatkan podium pertamanya musim ini. Rider Lotto Soudal itu memenangkan Etape 7 setelah mengalahkan Sam Bennett (Deceuninck-QuickStep).

Sebelum balapan ini dimulai, Pogacar dihukum penalti 10 detik akibat didorong oleh rekan setimnya, Jan Polanc beberapa saat sebelum sprint finis di Etape 6. Hukuman ini membuat rider asal Slovenia itu hanya berjarak 35 detik dari sang juara bertahan Adam Yates (Ineos Grenadiers).

Rupanya, keunggulan ini mampu dijaga hingga etape pamungkas hari ini. Seperti kemarin, Etape 7 menghadirkan rute flat sepanjang 147 kilometer. Balapan dimulai dari Yas Mall dan finis dengan beradu sprint di Abu Dhabi Breakwater.

Caleb Ewan berhasil mengalahkan Sam Bennett dalam adu sprint di Etape 7

Bennett yang memenangkan Etape 4 dan 6, berharap dapat memenangkan etape pamungkas ini. Namun ambisi pembalap Irlandia itu dirusak oleh Ewan. Rider asal Australia tersebut berhasil mengalahkan Bennett dalam adu cepat di Abu Dhabi Breakwater. Selisihnya sangat tipis.

"Kami datang ke sini untuk memenangkan satu etape. Dan memang hanya satu yang tersisa. Performa saya kurang bagus di beberapa sprint terakhir. Jadi ada sedikit tekanan pada diri saya untuk mendapatkan hasil yang bagus di etape pamungkas ini," kata Ewan tentang kemenangannya di Etape 7.

Finis ke-25 di tahapan pamungkas ini tak menjadi soal untuk Pogacar. Sebab hasil Etape 7 ini memastikan Pogi, sapaan akrabnya, menjadi juara overall UAE Tour 2021. Ia tetap unggul 35 detik atas Yates di klasemen akhir General Classification (GC).

"Ini bukan balapan yang mudah. Angin membuat perbedaan dan membikin balapan cukup menegangkan. Berkat tim, saya berhasil bertahan di grup pertama," ungkapnya selepas lomba.

Yates sebenarnya sempat terjatuh di tengah lomba. Ia mengalami sedikit luka di wajahnya. Beruntung ia dapat meneruskan balapan dengan kembali ke peleton. Saudara kembar Simon Yates (Team BikeExchange) itu finis ke-53 di Etape 7 ini.

Ini adalah kemenangan pertama Pogacar di balapan pertamanya musim ini. Tak cuma itu saja, ini adalah gelar perdana pembalap 22 tahun itu di ajang UAE Tour. Setelah ini Pogacar akan terbang ke Italia untuk ambil bagian di dua balapan di sana, yakni Strade Bianche dan Tirreno-Adriatico.

"UAE Tour adalah tujuan besar pertama musim ini bagi tim. Saya sangat senang meraih kemenangan di balapan kandang dan saya bangga dengan kinerja tim. Terkait target jangka pendek, saya berharap dalam kondisi terbaik di balapan saya berikutnya: Strade Bianche," katanya dalam laman resmi tim. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 UAE Tour 2021 (Top Ten)
1. Caleb Ewan (Australia), Lotto Soudal 3 jam 18 menit 29 detik
2. Sam Bennett (Irlandia), Deceuninck-QuickStep +0
3. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +0
4. Michael Morkov (Denmark), Deceuninck-QuickStep +0
5. Cees Bol (Belanda), Team DSM +0
6. André Greipel (Jerman), Israel Start-up Nation +0
7. Andrea Vendrame (Italia), AG2R Citroën Team +0
8. Luka Mezgec (Slovenia), Team BikeExchange +0
9. Riccardo Minali (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
10. Yevgeniy Gidich (Kazakhstan), Astana-Premier Tech +0

Final General Classification (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 24 jam 00 menit 28 detik
2. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +35 detik
3. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +1:02
4. Chris Harper (Australia), Jumbo-Visma +1:42
5. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-Nippo +1:45
6. Mattias Jensen (Denmark), Trek-Segafredo +2:37
7. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +2:39
8. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +3:53
9. Ruben Fernandez (Spanyol), Cofidis +4:13
10. Fausto Masnada (Italia), Deceuninck-QuickStep +6:30

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 33

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS