UAE Tour 2021 - Etape 5
Vingegaard Menang lagi setelah 567 Hari
by - February 25, 2021
UAE Tour 2021 - Etape 5
Vingegaard Menang lagi setelah 567 Hari
by MainSepeda - February 25, 2021

Jonas Vingegaard memberikan kemenangan kedua untuk Jumbo-Visma musim ini. Rider asal Denmark tersebut finis pertama di Etape 5 UAE Tour 2021, Kamis (25/2) malam. Pembalap 24 tahun ini menagalahkan Alexey Lutsenko (Astana-Premier Tech) dalam pertarungan di Jebel Jais.

Start dari Fujairah Marine Club, Etape 5 ini membawa pembalap berjumpa tanjakan lagi. Kali ini mereka harus menaklukkan tanjakan sepanjang 21,5 kilometer dengan gradien 5,4 persen. Finisnya di puncak Jebel Jais yang memiliki elevasi hampir 1.500 meter.

Vingegaard mendapatkan kemenangannya dengan cara yang epik. Ia berada di grup kecil bersama sekelompok pembalap unggulan seperti Tadej Pogacar (UAE Team Emirates), Joao Almeida (Deceuninck-QuickStep), dan Adam Yates (Ineos Grenadiers). Mereka terpaut 15 detik di belakang Lutsenko yang memimpin lomba.

Ketika balapan tersisa satu kilometer, Vingegaard melompat dari grupnya untuk mengejar Lutsenko. Usahanya berhasil karena Lutsenko tampak kehabisan bahan bakar. Vingegaard menyalip pembalap 28 tahun ini di 250 meter terakhir, dan menjadi yang pertama memasuki garis finis.

"Saya mengatur waktunya dengan cukup baik. Saya pikir itu akan sedikit mudah di peloton pada saat itu. Sebab mereka sedikit melambat. Kemudian saya berpikir mungkin saya bisa mencoba. Lalu saya melihat Lutsenko di depan. Saya pikir ia melakukan upaya terakhir untuk menahan saya. Beruntung bagi saya karena bisa menangkap dan mengalahkannya," katannya seusai lomba.

Ini adalah kemenangan pertamanya dalam kurun waktu hampir dua tahun. Sekaligus kemenangan ketiga sejak bergabung dengan Jumbo-Visma. Sebelumnya, Vingegaard berhasil memenangkan Etape 6 Tour de Pologne pada 8 Agustus 2019 silam.

"Saya sangat-sangat bahagia. Ini adalah kemenangan besar bagi saya. Ini adalah kemenangan pertama saya musim ini dan saya sangat bangga karenanya," ungkap Vingegaard seperti yang dilansir Velonews.

Perjuangan Pogacar untuk finis kedua di Etape ini juga tak kalah sengit. Setelah Vingegaard memisahkan diri, Pogacar berusaha mengejarnya di 100 meter terakhir. Ia tak sendirian. Rider asal Slovenia itu harus bertarung dengan Yates dan Almeida, dua rivalnya dalam perebutan gelar juara UAE Tour tahun ini.

"Tujuan saya adalah untuk tetap fokus dan mengawasi orang lain di GC untuk mempertahankan jersey merah. Penyelesaiannya sangat cepat, kerja bagus untuk Vingegaard atas kemenangannya. Saya senang untuk tempat kedua saya di etape ini," kata Pogacar dalam laman resmi tim.

Hasil Etape 5 tak mengubah peta pembalap di General Classification (GC). Pogacar masih berada di puncak. Ia terpaut gap 45 detik dari Yates. Sementara Almeida masih bertengger di peringkat ketiga dengan selisih lebih dari satu menit.

UAE Tour 2021 masih menyisakan dua etape untuk mengetahui siapa yang akan membawa pulang gelar juara di ajang ini. Pada Jumat (26/2) besok, para pembalap kembali disuguhkan dengan rute datar sepanjang 165 kilometer. Balapan akan dimulai dari Deira Island dan finis di Palm Jumeirah. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 UAE Tour 2021 (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 4 jam 19 menit 8 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +3
3. Adam Yates (Inggris) Ineos Grenadiers +3
4. Sergio Higuita (Kolombia), EF Education-Nippo +5
5. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +6
6. Nicholas Schultz (Australia), Team BikeExchange +6
7. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +8
8. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +8
9. Ben Hermans (Belgia), Israel Start-Up Nation +8
10. Geoffrey Bouchard (Prancis), AG2R Citro├źn +8

General Classification usai 5 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 17 jam 9 menit 26 detik
2. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +45 detik
3. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +1:12
4. Chris Harper (Australia), Jumbo-Visma +1:54
5. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-Nippo +1:56
6. Mattias Jensen (Denmark), Trek-Segafredo +2:47
7. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +2:49
8. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +4:03
9. Ruben Fernandez (Spanyol), Cofidis +4:23
10. Fausto Masnada (Italia), Deceuninck-QuickStep +6:40

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 33

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS