Filippo Ganna (Ineos Grenadiers) memang luar biasa. Melaju dengan kecepatan 55,9 km/jam mengantarkannya menjadi pemenang balapan time trial di Etape 2 UAE Tour 2021, Senin (22/2) malam. Sementara Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) naik ke puncak General Classification (GC) setelah finis keempat di etape ini.

Menyandang status juara dunia Individual Time Trial (ITT) 2020 membuat Ganna menjadi unggulan di Etape 2. Balapan digelar di lintasan flat sepanjang 13 kilometer di Pulau Al Hudayriyat. Seperti di Etape 1 kemarin, angin yang kencang menjadi tantangan yang harus ditaklukkan para pembalap.

Ganna nyaris tak terbendung. Dengan kecepatan 55,9 km/jam, rider 24 tahun ini berhasil finis pertama dengan catatan waktu 13 menit 56 detik. Ia menjadi satu-satunya pembalap yang mampu menyelesaikan tahapan ini di bawah 14 menit.

Ganna unggul 14 detik Stefan Bissegger (EF Education-Nippo), dan terpaut 21 detik dari Mikkel Bjerg (UAE Team Emirates) yang menghuni posisi ketiga. "Balapan ini tidak mudah. Bagi saya, setiap balapan itu sulit. Kemenangan ini bagus untuk saya dan tim," katanya seperti yang dilansir Velonews.

Ini adalah kemenangan keduanya dalam sebulan terakhir. Sebelumnya, Ganna menjuarai balapan time trial di Etape 5 Etoile de Bess├Ęges, dua pekan lalu. Setelah dua kemenangan ini, Ganna mengincar podium di Tirenno Adriatico pada bulan depan.

"Setiap balapan time trial adalah ujian untuk saya. Saya selalu mencoba untuk tampil baik dan lebih baik. Saya berharap bisa menghasilkan lebih banyak lagi seperti ini ke depannya," harap pembalap asal Italia itu.

Tadej Pogacar

Hasil Etape 2 mengubah komposisi klasemen GC. Pogacar yang finis keempat di Etape 2, naik ke puncak GC. Rider asal Slovenia itu unggul lima detik atas Joao Almeida (Deceuninck-Quickstep). Sedangkan tempat ketiga dihuni Mattia Cattaneo (Deceuninck-QuickStep) dengan gap 18 detik.

Sementara itu, beberapa jam sebelum balapan dimulai, Mathieu van der Poel beserta seluruh personel tim Alpecin-Fenix dipastikan mundur. dari lomba Penyebabnya, ada salah satu staf tim asal Belgia ini yang terpapar Covid-19. Hal ini terungkap berdasarkan hasil tes Minggu (21/2) kemarin.

Mathieu van der Poel saat memenangkan Etape 1 UAE Tour 2021

Dalam keterangan resminya dijelaskan bahwa Alpecin-Fenix memutuskan mundur semata-mata untuk menjaga kesehatan seluruh elemen yang terlibat di balapan ini. Sekaligus memastikan kelanjutan balapan dengan aman.

Saat ini staf yang positif Covid-19 itu sudah diisolasi. Semua orang yang terlibat kontak dengan orang ini juga harus mengisolasi diri, sesuai dengan protokol yang diberlakukan penyelenggara dan Otoritas Kesehatan UAE. Mereka akan dites lebih lanjut dalam beberapa hari mendatang. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 UAE Tour 2021 (Top Ten)
1. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers 13 menit 56 detik
2. Stefan Bissegger (Swiss), EF Education-Nippo +14 detik
3. Mikkel Bjerg (Denmark), UAE Team Emirates +21
4. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +24
5. Luis Leon Sanchez (Spanyol), Astana-Premier Tech +30
6. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +30
7. Maximilian Walscheid (Jerman), Qhubeka Assos +32
8. Stefan De Bod (Afrika Selatan), Astana-Premier Tech +33
9. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +36
10. Matthias Brandle (Austria), Israel Start-Up Nation +38

General Classification usai 2 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 4 jam 5 detik
2. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +5 detik
3. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +18
4. Chris Harper (Australia), Jumbo-Visma +33
5. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +39
6. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-Nippo +41
7. Anthony Roux (Prancis), Groupama-FDJ +45
8. David Dekker (Belanda), Jumbo-Visma +46
9. Michael Morkov (Denmark), Deceuninck-QuickStep +47
10. Mattias Jensen (Denmark), Trek-Segafredo +48

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 32

Foto: Bettini Photo, Getty Images


COMMENTS