Banyuwangi Bikin Event Gowes Menarik Tahun ini
by - February 20, 2021
Banyuwangi Bikin Event Gowes Menarik Tahun ini
by MainSepeda - February 20, 2021

Banyuwangi masih menjadi salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk gowes. Kota ini selalu memanjakan para pesepeda dengan berbagai event yang mereka gelar. Baik yang diperuntukkan pembalap profesional atau kalangan pehobi sepeda.

Sayangnya, pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai membuat Banyuwangi harus mereduksi jumlah event gowes yang masuk dalam kalender Banyuwangi Festival (B-Fest) 2021. Dari 102 agenda atau festival yang digelar tahun ini, hanya ada empat event sepeda.

Event sepeda yang masih tercantum di kalender B-Fest adalah Ijen Geopark Downhill yang digelar Juli 2021. Lalu Kalibaru Enduro. Kemudian dua agenda yang dilangsungkan penghujung tahun, yakni Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge Series dan Banyuwangi BMX Competition.

"Kami harap ada lebih banyak agenda gowes atau balap sepeda yang terselenggara pada tahun depan. Semoga pandemi ini segera selesai," ucap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Banyuwangi Zen Kostolani kepada Mainsepeda di Surabaya, Jumat (19/2) malam.

Agenda sepeda pada tahun ini lebih sedikit daripada 2020 lalu. Kala itu Pemerintah Kabupaten Banyuwangi merilis tujuh event sepeda sepanjang 2020. Mulai dari Banyuwangi International BMX, Blue Fire Ijen Challenge, Mountain Bike Enduro, BOGI Explore Banyuwangi, Banyuwangi XC Race, Women Cycling Challenge, serta International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI).

ITdBI yang seharusnya dilangsungkan September nanti, terpaksa dibatalkan karena pandemi. Banyuwangi berkirim surat kepada Union Cycliste Internationale (UCI) terkait hal ini. Meski begitu, agenda ITdBI masih tercantum di kalender event UCI hingga kini. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 32

Foto: Erfan


COMMENTS