Ineos Grenadiers Pastikan Bernal Debut di Giro d'Italia

Nama Egan Bernal terancam dicoret dari daftar pembalap Ineos Grenadiers yang akan diturunkan di Tour de France tahun ini. Sebelum tampil di Prancis, Bernal harus memberi bukti dengan menjuarai Giro d'Italia terlebuh dulu. Rider asal Kolombia itu bakal melakoni debut di Giro tahun ini.

Bernal selalu ditampilkan tim Ineos Grenadiers (dulu Team Sky.red) di Tour de France dalam tiga musim beruntun. Ia sukses menjuarai balapan terakbar di dunia ini pada 2019 lalu. Selepas itu, Bernal tampil melempem musim lalu. Ia memutuskan mundur sebelum dimulainya Etape 17.

Cedera punggung menjadi penyebabnya. Selepas tampil mengecewakan di Tour de France, Bernal memilih menepi agar fokus memulihkan kondisinya. Kini ia sudah membalap lagi di Etoile de Bessèges. Ia dijadwalkan ambil bagian di Giro pada Mei nanti.

Hal itu dibenarkan Kepala tim Ineos Grenadiers Dave Brailsford. Bernal dipastikan menjalani debut di Italia tahun ini. Ia akan ditemani Pavel Sivakov, juara dunia Individual Time Trial (ITT) Filippo Ganna, serta Daniel Martínez. Nama terakhir merupakan rekrutan anyar dari tim EF Pro Cycling. Sisanya akan segera diumumkan.

Ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi keputusan menurunkan Bernal di Italia. Pertama, tim ingin memantau kondisi Bernal setelah pulih dari cedera punggung. Kedua, tanding di Giro adalah salah satu cita-cita Bernal. Sang pembalap telah mendambakan balapan ini sejak lama.

"Dari sudut pandang saya dan tim, ini semua tentang mendapatkan senyum di wajahnya lagi. Supaya Egan dapat menikmati menjadi pembalap. Ia orang yang sangat ambisius. Saya pikir ia harus menemukan, atau kami harus mendukungnya, untuk benar-benar menikmati balapannya lagi," kata Brailsford seperti yang dilansir Cyclingnews.

Meski dilempar ke Giro, bukan berarti kans Bernal untuk tampil di Tur de France sudah terutup. Hasil balapannya di Giro akan memutuskan apakah Bernal akan pergi ke Prancis, atau digeser ke Lavuelta a Espana.

Sementara itu, Ineos Grenadiers bakal menurunkan Geraint Thomas, Tao Geoghegan Hart, dan Richard Carapaz di Tour de France. Thomas absen di Prancis karena bertugas di Giro. Tao Geoghegan Hart tercatat sebagai juara Giro 2020. Sedangkan Carapaz menempati posisi kedua La Vuelta 2020

Selain itu, Ineos Grenadiers bisa memainkan pembalap top lainnya, macam Richie Porte, Laurens De Plus, Michał Kwiatkowski, Jonathan Castroviejo, Luke Rowe, dan Rohan Dennis. Porte menghuni posisi ketiga di General Classification Tour de France tahun lalu.

Rekrutan baru, Adam Yates akan diplot di La Vuelta. Ia akan ditemani Tom Pidcock. "Kami bertanya pada diri sendiri, apakah kami memasukkan semua pebalap terbaik kami dalam Tour? Atau menyebarkannya ke tiga Grand Tour. Saya pikir ini memberi kami keseimbangan yang bagus di seluruh balapan," bilang Brailsford.

Giro d'Italia 2021 Dimulai dari Turin

Sementara itu, RCS Sport sebagai penyelenggara Giro d'Italia memastikan Grande Partenza tahun ini diadakan di Kota Turin. Giro tahun ini akan diawali dengan balapan time trial, persis seperti edisi sebelumnya. Etape 2 digelar di Novara dan Etape 3 di wilayah Piedmont.

Giro akan dimulai 8 Mei hingga 30 Mei mendatang. Rute balap secara keseluruhan diharapkan akan diumumkan akhir bulan ini. Selain Bernal, Giro tahun ini juga akan diikuti Vincenzo Nibali (Trek-Segafredo). Superstar Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) juga memastikan diri ambil bagian di ajang ini. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 30

Foto: ASO


COMMENTS