WorldTour 2021 Start dari UAE Tour
by - January 15, 2021
WorldTour 2021 Start dari UAE Tour
by MainSepeda - January 15, 2021

Kalender balap WorldTour 2021 seharusnya dibuka di Australia, di ajang Tour Down Under pada 19-24 Januari. Akan tetapi, pandemi yang belum mereda di Negeri Kanguru membuat penyelenggara memutuskan membatalkan ajang ini. Sebagai gantinya, mereka membikin sebuah festival sepeda di wilayah Adelaide.

Dengan pembatalan Tour Down Under, UAE Tour akan menjadi event WorldTour pertama tahun ini. Balapan tujuh etape ini bakal berlangsung 21-27 Februari mendatang. Meski pandemi Covid-19 belum mereda, 19 kontestan WorldTour berkomitmen untuk datang ke Asia dan membalap di UAE Tour.

Selain ke-19 tim WorldTour itu, balapan ini juga mengundang Alpecin Fenix sebagai peringkat terats ProTeam. Rincian lengkap pembalap yang berpartisipasi akan segera dikonfirmasi oleh pihak penyelenggara. Sementara rute balapan telah mereka tetapkan.

Seperti yang dilansir Velonews, penyelenggara juga telah merancang protokol Covid-19 yang akan diterapkan sepanjang lomba. Protokol ini akan dirilis dalam waktu dekat. Penyelenggara menegaskan, protokol ini dirancang untuk memastikan keselamatan pengendara, staf, dan semua orang yang terlibat dalam balapan.

UAE Tour tahun lalu hanya berlangsung dalam lima etape saja. Dua etape tersisa di balapan ini harus dibatalkan setelah ditemukan dua ofisial asal Italia dari salah satu tim peserta yang positif terpapar Covid-19. Adam Yates yang saat itu memperkuat Mitchelton-Scott, ditetapkan sebagai pemenangnya.

Sementara itu, kondisi pandemi Covid-19 kian mengkhawatirkan di Eropa. Hal itu membuat Challenge Mallorca 2021 ditunda dari akhir Januari menjadi Mei nanti. Balapan lain seperti Vuelta a Murcia juga berpeluang untuk ditunda.

Saat ini sebagian besar tim WorldTour mengadakan pemusatan latihan di sepanjang pantai Mediterania Spanyol. Hanya UAE Team-Emirates yang sudah berada di Timur Tengah untuk menjalani kamp pelatihan pramusim. Seluruh pembalap dan staf tim ini juga sudah divaksin Covid-19. (mainsepeda)

Foto: UAE Tour


COMMENTS