Van der Poel Dipastikan Tampil di Tour de France

Alpecin-Fenix akan mendapatkan undangan otomatis ke semua acara WorldTour tahun depan. Tim asal Belgia ini menjadi ProTeam dengan peringkat terbaik dalam World Ranking musim 2020 ini. Mereka finis di urutan ke-12 secara keseluruhan.

Mathieu van der Poel memegang peranan penting untuk Alpecin-Fenix. Pembalap dari Belanda tersebut meraih tiga kemenangan sepanjang musim ini, yakni di Tour of Flanders dan BinckBank Tour, serta memenangkan Etape 7 di Tirreno -Adriatico 2020.

"Golden ticket" yang diterima Alpecin-Fenix bisa membawa Van der Poel ke Tour de France musim depan. Rider 25 tahun ini belum pernah ambil bagian di GrandTour, termasuk Tour de France. Oleh karena itu, ia amat menantikan debutnya di Prancis tahun depan.

"Saya pikir saya berhutang kepada sponsor untuk berpartisipasi di Tour de France," katanya seperti yang dilansir Sporza. "Saya tidak pernah meremehkan pentingnya sponsor. Tanpa mereka, tidak ada olahraga," ucap juara dunia cyclocross itu.

Kepada L'Equipe pada November lalu, Van der Poel menegaskan bahwa ia mementingkan kemenangan Etape di di Tour de France bersama Alpecin-Fenix. Selain Tour de France, Van der Poel juga akan terbang ke Jepang untuk mengikuti Olimpiade Tokyo tahun depan.

Ia mengakui bahwa jadwal kedua event yang saling berdekatan, hanya berjarak seminggu, membuatnya kesulitan mengatur program. "Akan tetapi, saya juga tidak mungkin ke Prancis untuk datang selama sepuluh hari dan kemudian pergi," ucapnya.

Van der Poel menambahkan, penundaan Olimpiade dari 2020 ke 2021 membuat banyak pihak merugi. Termasuk dirinya. Sebab pada saat itu ia dalam kondisi yang sangat fit untuk bersaing di Tokyo. Van der Poel bakal tampil di nomor cross-country.

"Sekarang satu tahun telah berlalu. Saya hampir tidak pernah naik MTB. Itu masih menjadi tanda tanya. Impian dan harapan untuk meraih emas Olimpiade tentu tidak hilang, tetapi itu akan jauh lebih sulit," akunya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 28

Foto: Getty Images


COMMENTS