Podcast Main Sepeda Eps 27: Inilah Tes FTP, Alat Ukur Terbaik Kemampuan Cyclist

Episode 27 Podcast Main Sepeda akan dikemas sedikit berbeda. Azrul Ananda dsan Johnny Ray agak sedikit nge-vlog. Pembahasannya pun sangat menarik, tentang tes FTP (Functional Threshold Power). Sebagai kelinci percobaan, Pembalap Sombong dijadikan bahan eksperimen oleh mereka.

Dewasa ini kita sering mendengar istilah FTP sebagai alat ukur terbaik kemampuan seorang cyclist. FTP sendiri adalah daya yang bisa Anda pertahankan selama satu jam. Menggunakan satuan Watt. Bagaimana cara mengukurnya? Bagaimana bagaimana menggunakannya untuk mengembangkan kemampuan?

"Secara kasar, FTP diukur dengan cara melihat watt rata-rata yang Anda hasilkan secara maksimal dalam 20 menit. Tapi tidak semudah itu dilakukan di jalan, karena berbagai variabel yang ada di jalan raya," terang Aza, sapaan akrab Azrul Ananda.

"Kalau Anda tahu berapa FTP Anda, maka Anda bisa menggunakan itu sebagai basis untuk membuat program latihan ke depan. Supaya angkanya bisa naik dan Anda menjadi cyclist yang jauh lebih kuat," imbuhnya.

Tes FTP paling efektif menggunakan smart trainer. Hampir semua aplikasi menawarkan program tes FTP. Termasuk Zwift. Pada Episode 27 ini Aza dan Johnny Ray akan menggunakan Zwift. Mereka menggunakan Tes FTP 45 menit untuk mengukur kekuatan si Pembalap Sombong.

Kita akan melihat dan memantau hasilnya. Kemudian menganalisis kira-kira seberapa kuat Pembalap Sombong ini.

Jadi, pastikan Anda tidak lewatkan Podcast Main Sepeda episode 27. Nantikan premiere podcast-nya pada Rabu, 23 Desember 2020, pukul 16.00 WIB. Hanya di kanal YouTube dan Spotify Mainsepeda. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 26


COMMENTS