La Vuelta a Espana 2020 - Etape 7
Woods Kalahkan Valverde, Carapaz Masih Merah
by - October 27, 2020

Michael Woods (EF Pro Cycling) mengawali pekan kedua La Vuelta a Espana 2020 dengan kemenangan. Pembalap asal Kanada tersebut merebut victory di Etape 7 Selasa (27/10) malam. Woods mengalahkan Omar Fraile (Astana) dan Alejandro Valverde (Movistar).

Ini adalah musim ketiganya berpartisipasi di ajang La Vuelta. Ia pernah merebut podium pertama di Etape 17 La Vuelta 2018 lalu. Pembalap yang kini berusia 34 tahun itu juga menempati ranking ketujuh di general classification (GC) La Vuelta 2017. Kala itu ia terpaut lebih dari delapan menit dari sang juara Chris Froome.

Kini Woods naik podium di Etape 7. Balapan start dari Vitoria-Gasteiz dan berakhir di Villanueva de Valdegovia. Panjang rutenya 159,7 kilometer yang terbagi dalam dua lap. Tanjakan Kategori 1 di Puerto de Orduna menjadi rintangan yang harus diatasi para pembalap di etape ini. Itu adalah tanjakan terberat di wilayah Basque, Spanyol.

Remi Cavagna (Deceuninck-QuickStep) menjadi pembalap pertama yang melarikan diri Namun ia dengan segera tertangkap kembali oleh peloton setelah 40 kilometer mendominasi. Tak lama setelah itu 18 pembalap membentuk kelompok kecil dan melakukan breakaway.

Magnus Cort (EF Pro Cycling) bersama belasan pembalap melakukan breakaway di awal lomba

Termasuk di dalamnya adalah Sepp Kuss (Jumbo-Visma), Rui Costa (UAE Team Emirates), Magnus Cort (EF Pro Cycling), dan Alex Aranburu (Astana). Grup lain terbentuk di tengah pendakian di Puerto de Orduna. Ada 18 pembalap di dalamnya. Termasuk Woods, Valverde, Guillaume Martin (Cofidis), dan George Bennett (Jumbo-Visma).

Dua grup tersebut akhirnya bersatu pada 96 kilometer menjelang finis. Jadilah 36 pembalap berada di baris terdepan. Mereka terpecah setelah pendakian kedua. Woods sempat melaju sendirian. Ia disusul Valverde, Martin, Omar Fraile (Astana), dan Nans Peters (AG2R La Mondiale) di 17 kilometer terakhir.

Michael Woods (kiri) ditempel Omar Fraile

Woods lalu melakukan manuver di kilometer terakhir. Fraile dan Valverde coba mengejar. Namun keduanya gagal menyusul Woods. "Ini adalah hari yang istimewa. Luar biasa bisa balapan di wilayah Basque. Saya lolos bersama empat orang itu. Mereka membalap dengan sangat kuat," kata Woods seusai balapan.

Berada di satu grup kecil bersama Valverde membuat Woods tak bisa gegabah. Ia juga harus menjaga Hugh Carthy (EF Pro Cycling) tetap aman di posisi kedua di GC. Akhirnya Woods baru menyerang di kilometer terakhir. Ia merasa beruntung karena behasil melarikan diri dari kejaran empat pembalap, termasuk Valverde.

Richard Carapaz belum tergoyahkan di puncak general classification

Sementara itu, hasil Etape 7 tidak banyak mengubah posisi pembalap di sepulub besar GC. Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) masih berada di puncak dengan Hugh Carthy menguntit di belakangnya. Kedua pembalap terpaut gap 18 detik. Sementara Valverde naik satu tingkat ke posisi sembilan. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. Michael Woods (Kanada), EF Pro Cycling 3 jam 48 menit 16 detik
2. Omar Fraile (Spanyol), Astana +4
3. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +4
4. Nans Peters (Prancis), AG2R La Mondiale +8
5. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +8
6. Rui Costa (Portugal), UAE-Team Emirates +13
7. Alex Aranburu (Spanyol), Astana +13
8. Ide Schelling (Belanda), Bora-Hansgrohe +13
9. Kenny Elissonde (Prancis), Trek-Segafredo +13
10. Davide Formolo (Italia), UAE-Team Emirates +13

General Classification usai 7 etape dari 18 etape (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 28 jam 23 menit 51 detik
2. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +18
3. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +20
4. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +30
5. Enric Mas (Spanyol) Movistar +1:07
6. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +1:30
7. Marc Soler (Spanyol), Movistar +1:42
8. Esteban Chaves (Colombia), Mitchelton-Scott +2:02
9. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +2:03
10. George Bennett (Selandia Baru), Jumbo-Visma +2:39

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 19

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS