Gaviria Out dari Giro karena Positif Covid-19
by - October 20, 2020
Gaviria Out dari Giro karena Positif Covid-19
by MainSepeda - October 20, 2020

Fernando Gaviria (UAE-Team Emirates) terpapar Covid-19 lagi. Pembalap asal Kolombia itu dinyatakan positif Covid-19 dalam tes swab yang diadakan 18-19 Oktober kemarin. Gaviria kini menjalani isolasi dan tidak start di etape 16 Giro d'Italia 2020, Selasa (20/10) malam.

Dalam keterangan resmi Union Cycliste Internationale (UCI) Selasa sore, RCS Sport sebagai penyelenggara Giro d'Italia telah melakukan tes swab PCR kepada 492 pembalap dan staf tim. Tes tersebut dilaksanakan selama dua hari, Minggu malam dan Senin kemarin.

Berdasarkan hasil tes itu, satu pembalap dari UAE-Team Emirates dan satu staf tim AG2R La Mondiale dinyatakan positif Covid-19. "Mereka dirujuk ke dokter timnya yang mengatur tindakan isolasi dan mengambil tindakan yang diperlukan, sesuai dengan aturan WHO," jelas UCI.

Tak berselang lama setelah pengumuman resmi UCI, pihak UAE-Team Emirates mengonfirmasi bahwa Gaviria positif Covid-19. Tim yang dulu bermarkas di Italia itu mengungkapkan bahwa Gaviria langsung menjalani isolasi dan terpisah dari rekan setimnya.

"Gaviria segera diisolasi setelah hasil tes itu keluar. Ia merasa sehat serta benar-benar tanpa gejala. Ini adalah kedua kalinya ia dinyatakan positif Covid-19 setelah mengidapnya pada Maret lalu," jelas mereka.

Selain Gaviria, semua pembalap dan staf UAE-Team Emirates lainnya dinyatakan negatif Covid-19. "Staf medis tim memantau situasi dengan cermat dan melakukan semua yang mereka bisa untuk memastikan kami dapat melanjutkan balapan dengan aman," terang UAE-Team Emirates.

Gaviria menjadi pembalap keempat yang harus out dari Giro d'Italia karena terpapar virus ini. Pembalap lain yang terlebih dulu dinyatakan positif Covid-19 adalah Simon Yates (Mitchelton-Scott), Steven Kruijswijk (Jumbo-Visma), dan Michael Matthews (Sunweb). (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 18

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS