Alex Dowsett Pecah Telur untuk ISN

Etape 8 Giro d'Italia 2020 menjadi milik time trialist asal Inggris Alex Dowsett (Israel Start-Up Nation). Ini adalah kemenangan perdana Dowsett untuk ISN pada musim ini. Sekaligus kemenangan perdana ISN di Grand Tour. Selain itu, ini adalah victory kedua Dowsett dalam tiga kali keikutsertaannya di Giro.

Etape 8 menghadirkan balapan sejauh 200 kilometer dari Giovinazzo menuju Vieste. Balapan Sabtu (10/10) malam dikuasai oleh para pembalap breakaway. Alex Dowsett salah satunya. Mantan pembalap Movistar tersebut menyerang sejak 25 kilometer dari start.

Alex Dowsett memimpin enam pembalap yang melakukan breakaway

Dowsett tak sendiri. Ada lima pembalap lain yang mengikuti jejaknya. Kelima pembalap itu adalah Salvatore Puccio (Ineos Grenadiers), Joey Rosskopf (CCC), Simone Ravanelli (Androni Giocattoli-Sidermec), Matthew Holmes (Lotto Soudal), dan Matthias Brändle (Israel Start-Up Nation).

Enam pembalap ini benar-benar tak terkejar. Mereka meninggalkan peloton dengan gap lebih dari 12 menit. Peloton memutuskan gencatan senjata, mereka kompak tidak ngoyo. Mereka menyimpan energi untuk etape 9 yang menyuguhkan rute tanjakan, Minggu (11/10) besok. Selain itu, semua pembalap breakaway tidak berpengaruh di klasemen General Classification (GC).

Menyerang sendirian sejak 18 kilometer terakhir, Dowsett berhasil menuntaskan etape 8 dengan kemenangan. Salvatore Puccio (Ineos Grenadiers) dan Matthew Holmes (Lotto Soudal) finis kedua dan ketiga dengan gap lebih dari satu menit.

"Ini tahun yang sulit. Semua ketidakpastian, memikirkan bagaimana saya akan mencapai tahun depan dan masih balapan, masih melakukan apa yang saya sukai, dan masih bisa menyediakan makanan untuk kami bertiga daripada kami berdua pada bulan Januari," kata Dowsett yang kontraknya di ISN akan habis akhir tahun ini.

Selebrasi Alex Dowsett setelah finis pertama di etape 8

Ini adalah kemenangan pertamanya untuk ISN pada musim ini. Sekaligus kemenangan Grand Tour perdana bagi ISN yang baru bergabung dengan WorldTour tahun ini. Selain itu, Dowsett juga mencatatkan kemenangan keduanya Giro. Ia pernah mengalahkan Bradley Wiggins dalam balapan time trial di Giro 2013 silam.

Pembalap 32 tahun itu berharap kemenangan di Giro 2020 membantunya mendapatkan kontrak baru untuk musim depan. "Seiring bertambahnya usia, Anda akan bertanya kapan kemenangan terakhir Anda, atau kapan Grand Tour terakhir Anda. Jadi Anda belajar menikmatinya," terang Dowsett.

Sementara itu, hasil etape 8 tidak memengaruhi posisi pembalap di sepuluh besar klasemen GC. Joao Almeida (Deceuninck-QuickStep) yang finis di urutan 17, masih kokoh di puncak GC. Pembalap Portugal itu berhak mengenakan maglia rosa (pink jersey).

Profil rute etape 9 Giro d'Italia 2020

Berikutnya para pembalap akan menghadapi etape tanjakan Minggu malam. Balapan sejauh 208 kilometer itu akan dimulai dari San Salvo dan finis di Roccaraso. Ada dua tanjakan Kategori 2 dan dua tanjakan Kategori 1 yang harus dituntaskan sebelum rest day pertama. (mainsepeda)

Hasil Etape 8 Giro d'Italia 2020 (Top Ten)
1. Alex Dowsett (Inggris Raya), Israel Start-Up Nation 4 jam 50 menit 9 detik
2. Salvatore Puccio (Italia), Ineos Grenadiers +1:15
3. Matthew Holmes (Inggris Raya), Lotto Soudal +1:15
4. Joseph Rosskopf (Amerika Serikat), CCC +1:15
5. Matthias Brändle (Austria), Israel Start-Up Nation +2:10
6. Simone Ravanelli (Italia), Androni Giocattoli-Sidermec +2:13
7. Michael Matthews (Australia), Sunweb +13:56
8. Fernando Gaviria (Kolombia) UAE-Team Emirates +13:56
9. Mikkel Bjerg (Denmark), UAE-Team Emirates +13:56
10. Andrea Vendrame (Italia) AG2R La Mondiale +13:56

General Classification usai 8 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep 29 jam 52 menit 34 detik
2. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain McLaren +43
3. Wilco Kelderman (Belanda), Sunweb +48
4. Harm Vanhoucke (Belgia), Lotto Soudal +59
5. Vincenzo Nibali (Italia), Trek-Segafredo +1:01
6. Domenico Pozzovivo (Italia), NTT Pro Cycling +1:05
7. Jakob Fuglsang (Denmark), Astana +1:19
8. Steven Kruijswijk (Belanda), Jumbo-Visma +1:21
9. Patrick Konrad (Austria), Bora-Hansgrohe +1:26
10. Rafal Majka (Polandia), Bora-Hansgrohe +1:32

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 17

Foto: Bettini Photo, Getty Images, La FlammeRouge


COMMENTS