Paris-Roubaix 2020 Resmi Dibatalkan

Paris-Roubaix 2020 resmi dibatalkan. Balapan Monumen yang seharusnya dilaksanakan pada 25 Oktober ini, batal diselenggarakan karena wilayah Metropolitan Lille dalam status siaga maksimum Covid-19.

Pembatalan Paris-Roubaix 2020 diumumkan Jumat (9/10) sore. Balapan berjuluk "Queen of the Classic" itu seharusnya dilaksanakan 12 April lalu. Pandemi Covid-19 membuat jadwal event ini diundur menjadi 25 Oktober. Sayang, pandemi ini membuat Paris-Roubaix tidak bisa digelar tahun ini.

"Atas permintaan Préfet du Nord, Préfet des Hauts de France, dan mengikuti pengumuman Menteri Kesehatan Olivier Véran yang menempatkan area Metropolitan Lille dalam keadaan siaga maksimum, Paris-Roubaix edisi 118 dan edisi pertama Paris-Roubaix Femmes, yang semula dijadwalkan berlangsung pada 25 Oktober, tidak akan diselenggarakan," bunyi keterangan di laman resminya.

Peniadaan balapan tahun ini adalah pertama kalinya dalam 72 tahun. Paris-Roubaix pernah tidak digelar saat berlangsungnya Perang Dunia I pada 1915 hingga 1918. Kemudian, balapan juga ditiadakan selama Perang Dunia II pada 1940 hingga 1942. Tahun lalu balapan ini dimenangkan rider asal Belgia, Philippe Gilbert.

Selebrasi Philippe Gilbert saat memenangkan Paris-Roubaix 2019

Mulanya Paris-Roubaix 2020 ditetapkan untuk melengkapi 'Minggu Super' bersepeda pada 25 Oktober. Pada saat itu akan dilangsungkan etape terakhir Giro d'Italia yang melombakan balapan time trial di Milan, sementara peloton Vuelta a Espana harus menaklukkan Tourmalet.

Selain itu, Paris-Roubaix 2020 yang dijadwalkan ulang akan menandai debut edisi wanita pertama dari Classic cobbled. Pembalap Annemiek van Vleuten, Anna van der Breggen, dan Marianne Vos mengantre untuk bersaing memperebutkan gelar perdana.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih yang hangat kepada komunitas dan mitra acara yang mendukung kami dalam penundaan ini serta mereka yang, seperti kami, senang melihat "Queen of the Classics" dilangsungkan di musim gugur," jelas mereka.

Penyelenggara sekaligus mengumumkan jadwal Paris-Roubaix 2021. "Kami akan melihat Anda di atas batu-batuan pada tanggal 11 April 2021 untuk merayakan salah satu monumen terbesar dalam bersepeda dunia," ungkap penyelenggara. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 17

Foto: ASO


COMMENTS