Halo, Inikah Grupset Shimano Dura-Ace Terbaru yang Wireless?
by - October 07, 2020

Superstar muda Belgia, Remco Evenepoel, baru saja mengunggah video gowesnya sebagai upaya recovery dari kecelakaan parah yang dia alami beberapa pekan lalu di Il Lombardia. Tapi, yang menjadi sorotan justru bukan Evenepoel-nya. Yang jadi sorotan justru grupset yang dia gunakan pada sepeda Specialized S-Works Tarmac SL7-nya.

Walau buram, screenshot video itu seperti menunjukkan grupset mutakhir terbaru dari Shimano. Ada yang bilang, itulah Shimano Dura-Ace terbaru, yang akan segera dirilis dalam waktu dekat (atau tidak terlalu lama lagi). Tidak jelas apakah grupset itu bakal berevolusi dari 11-speed ke 12-speed, tapi ada indikasi grupset itu menggunakan elemen wireless.

Bentuk shifter-nya mirip dengan Dura-Ace disc groupset seri terakhir. Bentuk crankset-nya juga mirip. Tapi, front dan rear derailleur-nya bikin penasaran. Pada bagian belakang tidak terlihat ada kabel menyembul dari frame, dan pada bagian FD tampak ada "kepala" besar di atas mekanisme pemindah.

Bisa dispekulasikan, ini adalah grupset semi wireless. Ala FSA K-Force WE.

Karena ini sudah mendekati akhir tahun, besar kemungkinan grupset ini akan dirilis di awal 2021 mendatang. Apalagi, 2021 adalah tahun istimewa bagi Shimano. Itu adalah tahun perayaan 100 tahun perusahaan Jepang tersebut. Sekarang saja, Shimano sudah rajin mem-posting serial perkembangan produk mereka menuju 100 tahun itu.

"Bocoran" dari video Evenepoel ini benar-benar bikin penggemar sepeda makin penasaran. Dan seluruh industri sepeda akan siap merasakan getaran besar. Karena bagaimana pun, Shimano adalah salah satu penentu arah perkembangan industri ini. Segala yang mereka rilis punya dampak sangat luas di seluruh penjuru dunia sepeda. (mainsepeda)  


COMMENTS