Arnaud Demare Bikin Peter Sagan Gigit Jari

Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) lagi-lagi gagal memperoleh kemenangan pertamanya di Giro d'Italia 2020. Kali ini juara dunia tiga kali tersebut dikalahkan Arnaud Demare (Groupama-FDJ) dalam adu sprint di etape 4, Selasa (6/10) malam. Sagan kalah sangat tipis dari sprinter asal Prancis itu.

Etape 4 dimulai dari Catania dan finis di Villafranca Tirrena. Total jaraknya 140 kilometer. Rute balapan di etape 4 ini nyaris datar. Hanya satu tanjakan Kategori 3 di Portella Mandrazzi. Tanjakan sepanjang 12,4 kilometer dengan gradien 5,2 persen ini terletak di tengah balapan.

Tiga pembalap melakukan breakaway sejak awal etape

Simon Pellaud (Androni Giocattoli-Sidermec), Marco Frapporti (Vini Zabù-KTM), dan Kamil Gradek (CCC) langsung meninggalkan rombongan besar begitu balapan dimulai. Mereka mulai tercecer setelah menanjak di Portella Mandrazzi, kurang dari 60 kilometer menjelang finis.

Pellaud memimpin sendirian di depan setelah Frapporti dan Gradek tertangkap peloton di sisa 40 kilometer, membuat. Namun dominasinya tak berlangsung lama. Pellaud tertangkap di 20 kilometer terakhir. Selepas itu seluruh berkumpul di peloton.

Tim-tim mulai menata kereta cepatnya ketika mendekati finis. Miles Scotson (Groupama-FDJ) melancarkan manuver di kilometer terakhir. Kemudian Sagan mulai sprint di sisa 200 meter. Ia ditempel Demare di sisi kiri dan Davide Ballerini (Deceuninck-QuickStep) di kanan. Ketiganya nyaris finis bersamaan.

Foto finis menunjukkan Demare unggul sangat tipis atas Sagan

Butuh waktu beberapa menit bagi penyelenggara untuk memverifikasi data. Dalam foto finis terungkap bahwa Demare lah yang meyentuh finis pertama. Ia unggul sangat tipis atas Sagan yang harus puas di posisi kedua. Sedangkan Ballerini finis ketiga.

"Saya pikir saya berada di urutan kedua atau ketiga. Kemudian mereka mengatakan kepada saya bahwa saya menang," kata Demare. Ini adalah kemenangan keduanya di ajang Giro d'Italia. Sebelumnya Demare merebut posisi pertama di etape 10 di Giro 2019.

Sementara itu, hasil etape 4 tak mengubah komposisi pembalap teratas di General Classification. Joao Almeida (Deceuninck-QuickStep) yang finis ke-18 di etape 4 dan belum tergoyahkan di puncak GC. Rider asal Portugal itu berhasil mempertahankan maglia rosa (pink jersey)

Selanjutnya para pembalap akan menyelesaikan medan berat di etape 5, Rabu (7/10) malam. Start dari Mileto dan finis di Camigliatello Silano. Panjang rutenya 225 kilometer. Ada total tiga tanjakan, dua di antaranya Kategori, dan dua intermediate sprint di tengah balapan.

Menu utamanya adalah tanjakan Kategori 1 di Valico di Montescuro. Di sini pembalap akan nanjak 22,7 kilometer dengan graden 5,8 persen. Setelah menuntaskan tanjakan panjang itu, pembalap bakal menyusuri turunan tajam hingga ke finis di, Camigliatello Silano. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Giro d'Italia 2020 (Top Ten)
1. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ 3 jam 22 menit 13 detik
2. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe +0
3. Davide Ballerini (Italia), Deceuninck-QuickStep +0
4. Andrea Vendrame (Italia), AG2R la Mondiale +0
5. Elia Viviani (Italia), Cofidis +0
6. Stefano Oldani (Italia), Lotto Soudal +0
7. Davide Cimolai (Italia), Israel Start-Up Nation +0
8. Michael Matthews (Australia) Sunweb +0
9. Filippo Fiorelli (Italia), Bardiani CSF Faizane' +0
10. Enrico Battaglin (Italia), Bahrain McLaren +0

General Classification usai 4 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep 11 jam 6 menit 36 detik
2. Jonathan Caicedo (Ekuador), EF Pro Cycling +2
3. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain McLaren +39
4. Wilco Kelderman (Belanda), Sunweb +44
5. Harm Vanhoucke (Belgia), Lotto Soudal +55
6. Vincenzo Nibali (Italia), Trek-Segafredo +57
7. Domenico Pozzovivo (Italia), NTT Pro Cycling +1:01
8. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE-Team Emirates +1:13
9. Jakob Fuglsang (Denmark), Astana +1:15
10. Steven Kruijswijk (Belanda), Jumbo-Visma +1:17

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 16

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Bettini Photo, Tissot, Gety Images, La FlammeRouge


COMMENTS