Lizzie Deignan Juara Liège-Bastogne-Liège Femmes

Aksi solo Lizzie Deignan (Trek-Segafredo) berbuah kemenangan di Liège-Bastogne-Liège Femmes 2020. Pembalap asal Inggris menyerang sendirian sejak sejak Côte de La Redoute, sekitar 30 kilometer menjelang finis.
Liège-Bastogne-Liège Femmes 2020 menyuguhkan rute sepanjang 135 kilometer. Rutenya cenderung rolling dengan lima tanjakan sebagai menu utama, yaitu Cote de Wanne, Cote de la Haute-Levee, Cote de la vecquee, Cote de la Redoute, dan Cote de la Roche-aux Faucons.

Sembilan pembalap melakukan breakaway di awal lomba. Mereka adalah Grace Brown (Mitchelton-Scott), Juliette Labous (Sunweb), Amy Pieters (Boels-Dolmans), Katrine Aalerud (Movistar), Marianne Vos (CCC), Hannah Barnes (Canyon-SRAM), Marlen Reusser (Equipe Paule Ka), Ellen van Dijk (Trek-Segafredo), dan Deignan.

Deignan mulai meninggalkan rombongan terdepan ketika balapan tersisa 30 kilometer. Grace Brown (Mitchelton-Scott) coba mengejar setelah tanjakan terakhir di Côte de Roche-aux-Faucons, 14 kilometer menjelang finis. Akan tetapi ia gagal menangkap Deignan. Brown finis di tempat kedua dan terpaut gap sembilan detik

"Saya pikir hal terbaik tentang tim ini adalah kami diizinkan untuk balapan berdasarkan insting dan tidak takut gagal,” ucap Deignan setelah balapan.

"Saya pikir, saya harus melewati La Redoute sebelum Anna (van der Breggen), Annemiek (van Vleuten), dan Elisa (Longo). Jadi saya hanya berpacu dengan insting," imbuh pembalap cantik berusia 31 tahun itu.

Deignan ternyata sempat khawatir bakal disalip Brown. Dia sadar bahwa Brown semakin dekat dan lebih dekat di kilometer terakhir. Deignan mencoba tetap fokus dengan mengalihkan perhatiannya untuk mengejar sepeda motor marshall yang berada di depannya.

"Apalagi saya tahu dia bisa lebih cepat dari saya. Jadi saya mencoba fokus mengejar sepeda motor di depan saya daripada memikirkan Brown di belakang saya. Jika terlampau memikirkannya, itu hanya akan memengaruhi mental saya," jelas mantan pembalap Boels-Dolmans itu. (mainsepeda)

Hasil Liège-Bastogne-Liège Femmes 2020 (Top Ten)
1. Lizzie Deignan (Inggris Raya), Trek-Segafredo 3 jam 29 menit 48 detik
2. Grace Brown (Australia), Mitchelton-Scott +9 detik
3. Ellen van Dijk (Belanda), Trek-Segafredo +2:19
4. Marianne Vos (Belanda), CCC Team +2:19
5. Amy Pieters (Belanda), Boels-Dolmans +2:19
6. Hannah Barnes (Inggris Raya), Canyon-SRAM +2:21
7. Marlen Reusser (Swiss), Equipe Paule Ka +2:21
8. Juliette Labous (Prancis), Sunweb +2:21
9. Katrine Aalerud (Norwegia), Movistar +2:26
10. Liane Lippert (Jerman), Sunweb +3:27

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 16

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, ASO, La FlammeRouge


COMMENTS