Etape 2 Ditiadakan, Rute BinckBank Tour 2020 Diubah

Etape 2 BinckBank Tour 2020 yang dijadwalkan diadakan Rabu (30/9) malam ini, resmi ditiadakan. Etape 2 seharusnya melombakan nomor individual time trial (ITT). Balapan digelar di rute sepanjang 11 kilometer di Kota Vlissingen, Belanda.

BinckBank Tour adalah balapan WorldTour yang melintasi dua negara, Belanda dan Belgia. Tahun ini ada tiga kota di Belanda yang menjadi tuan rumah. Kota Vlissingen menjadi host untuk etape 2. Kota Philippine akan menjadi titik mula etape 3. Sedangkan Sittard-Geleen menjadi tuan rumah titik finis etape 4.

Keputusan untuk meniadakan etape 2 diumumkan Rabu pagi di laman resmi BinckBank Tour. Penyelenggara menjelaskan, tiga kota di Belanda yang didapuk menjadi tuan rumah BinckBank Tour 2020, memutuskan untuk mencabut izin penyelenggaraan pada Selasa (29/9) malam.

"Tidak akan ada balapan time trial di Vlissingen. Dengan batas waktu yang terbatas, tidak mungkin mencari alternatif untuk ini. Termasuk masalah izin. Jadi Rabu terpaksa menjadi rest day," tulis laman resmi BinckBank Tour.

Jasper Philipsen (kanan) memenangkan etape pertama BinckBank Tour 2020

Ketiga kota itu mengikuti protokol Covid-19 di Belanda yang melarang event balapan sepeda di wilayah mereka. Dengan demikian, etape 2 ditiadakan dan dianggap menjadi rest day. Sedangkan balapan etape 3 hingga etape 5 akan dilanjutkan dengan konsep yang disesuaikan.

"Kami sangat kecewa atas keputusan ini. Mengingat waktunya yang mepet. Rute balapan ini telah ditentukan dan semuanya telah dipublikasikan. Kami sebenarnya yakin menemukan solusi aman dan bertanggung jawab untuk menyelenggarakan BinckBank Tour yang baik," sesal Gert Van Goolen, penyelenggara BinckBank Tour.

Mereka menegaskan bahwa balapan Kamis besok tidak akan dimulai di Kota Philippine. Sedangkan race Jumat tak akan selesai di Sittard-Geleen. Saat ini penyelenggara sedang menjadi kota alternatif untuk menggantikan kedua kota di Belanda itu.

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 15

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Bettini Photo


COMMENTS