Quintana: Saya Tidak Pernah Gunakan Doping

Nairo Quintana buka suara terkait kasus doping yang menghantam timnya Arkéa-Samsic. Superstar asal Kolombia itu membantah menggunakan doping selama Tour de France 2020. Quintana juga menegaskan bahwa ia tidak pernah memakai zat-zat terlarang sepanjang kariernya.

Dalam siaran pers yang diunggah di akun media sosialnya Rabu (23/9) pagi ini, Quintana mengakui telah terjadi penggeledahan di hotel timya di Meribel pada Rabu (16/9) lalu. Quintana sekaligus menegaskan bahwa ia bersih dari doping.

Quintana menceritakan, hari itu pihak berwenang memasuki kamarnya dan menyita suplemen vitamin legal. Hanya saja suplemen itu mungkin tidak dikenal oleh pihak berwenang Prancis. Inilah alasan utama mengapa butuh waktu untuk menjernihkan segala sesuatu yang terjadi.

"Saya, Nairo Quintana, telah menjadi pembalap yang bersih sepanjang kehidupan olahraga saya, dan memiliki paspor biologis yang sempurna. Saya ingin menjelaskan bahwa saya tidak pernah menggunakan zat ilegal untuk meningkatkan performa sepanjang karier, mulai junior hingga profesional," jelas Nairoman, julukannya.

"Saya juga ingin menjernihkan kesalahpahaman. Bahwa selama Tour baru-baru ini atau selama balapan sebelumnya, saya tidak pernah berkonsultasi dengan asisten atau staf yang bukan bagian dari tim," tegas pembalap 30 tahun tersebut.

Juara Giro d'Italia 2014 ini menambahkan, ia selalu kooperatif terhadap pihak berwenang. Ia menjawab seluruh pertanyaan yang disampaikan petugas. "Saya tidak pernah menggunakan zat doping dan tidak ditemukan zat ilegal dalam penyelidikan tersebut," terangnya.

Quintana menekankan bahwa dirinya tidak pernah menjadi objek tuduhan pihak berwenang. Itulah mengapa kampiun Vuelta a Espana 2016 ini bersedia secara sukarela memberikan keterangan ke polisi dan jaksa penuntut.

"Saya tidak pernah menyembunyikan sesuatu. Kemarin, atas panggilan pihak berwenang Prancis, dan secara sukarela, saya muncul di kantor kejaksaan dan menjawab setiap pertanyaan mereka dengan jelas dan dengan hati nurani yang bersih," terangnya.

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 14

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO


COMMENTS