Kragh Andersen Perkasa di Lyon, Roglic Pertahankan Yellow Jersey

Team Sunweb lagi-lagi membuat kejutan di Tour de France 2020. Kali ini mereka sukses memenangkan etape 14 lewat Soren Kragh Andersen. Sedangkan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) yang finis ke-29, berhasil mempertahankan yellow jersey.

Etape ke-14 TdF 2020 memang cenderung flat. Meski begitu, ada lima tanjakan Kategori 4, 3, dan 2 di tengah rute sepanjang 197 kilometer tersebut. Balapan dimulai di Clermont-Ferrand dan finis di Lyon.

Aksi breakaway oleh Stefan Kung (Groupama-FDJ) dan Edward Theuns (Trek-Segafredo) 

Stefan Kung (Groupama-FDJ) dan Edward Theuns (Trek-Segafredo) melakukan breakaway pada awal balapan. Namun keunggulan mereka tak bertahan lama. Theuns rontok di separuh perjalanan. Sedangkan Kung tertangkap oleh peloton di 80 kilometer menjelang finis.

Rombongan besar mulai bergejolak di lima kilometer pamungkas. Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep), Egan Bernal (Ineos Grenadiers), Marc Hirschi (Sunweb), Peter Sagan (Bora-Hansgrohe), dan Greg Van Avermaet (CCC) secara bergantian melakukan manuver.

Saat balapan menyisakan tiga kilometer, Kragh Andersen mulai melepaskan diri dari peloton. Ia kian menjauh dan tak terkejar oleh para rival. Usahanya berbuah manis. Pembalap 26 tahun ini finis pertama dengan gap 15 detik atas kelompok berikutnya.

"Saya kehilangan kata-kata. Saya merasa emosional. Saya memimpikan hal ini, tetapi sulit untuk mengatakan bahwa Anda cukup baik sebelum Anda melakukannya," ucapnya selepas lomba, Sabtu (12/9) malam.

Ini adalah kemenangan pertamanya di TdF, sekaligus yang kedua untuk Sunweb di TdF 2020. Kragh Andersen menjadi pembalap Denmark ke-13 yang menang di Prancis. Kemenangan terakhir untuk pembalap Denmark terjadi saat Magnus Cort asal Astana menjuarai etape 15 TdF 2018.

Sementara itu, hasil etape 14 tak berdampak pada komposisi pembalap di sepuluh besar General Classification. Roglic masih berkuasa di puncak klasemen GC. Pembalap asal Slovenia ini sukses mempertahankan jersey kuningnya.

"Saya pikir ini akan menjadi balapan yang mudah. Tapi ini adalah balapan yang sangat cepat. Tim kami tidak harus bekerja sepanjang hari," bilang kapten tim Jumbo-Visma itu.

Profil rute etape 15 Tour de France 2020

Sebelum memasuki rest day kedua, para pembalap ditantang menaklukkan medan berat di etape 15, Minggu (13/9) malam. Balapan sejauh 175 kilometer dari Lyon ke Grand Colombier memiliki rute relatif datar di 100 kilometer pertama. Tapi kemudian ada beberapa tanjakan kejam dan panjang.

Montee de la Selle de Fromentel panjangnya 11,8 persen dengan kemiringan rata-rata 8,1 persen, tapi dekat puncaknya hampir 22 persen! Sebagai penutup adalah Grand Colombier, sebuah tanjakan hors categorie (HC) sepanjang 17,4 km dengan kemiringan rata-rata 7,1 persen!

Unggulan utama juara overall akan terlihat di etape 15 ini. Para pemburu yellow jersey akan habis-habisan sebelum rest day kedua. Setelah itu tim-tim akan beristirahat sekaligus menyusun strategi untuk menghadapi pekan terakhir di TdF 2020. (mainsepeda)

Hasil Etape 14 Tour de France 2020 (Top Ten)
1. Soren Kragh Andersen (Denmark), Sunweb 4 jam 28 menit 10 detik
2. Luka Mezgec (Slovenia), Mitchelton-Scott +15 detik
3. Simone Consonni (Italia), Cofidis +15
4. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe +15
5. Casper Phillip Pedersen (Denmark), Sunweb +15
6. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +15
7. Matteo Trentin (Italia), CCC +15
8. Oliver Naesen (Belgia) Ag2r la Mondiale +15
9. Sonny Colbrelli (Italia), Bahrain McLaren +15
10. Marc Hirschi (Swiss), Sunweb +15

General Classification usai 14 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 61 jam 3 menit
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE-Team Emirates +44 detik
3. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +59
4. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Pro Cycling +1:10
5. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +1:12
6. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana +1:31
7. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott +1:42
8. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain McLaren +1:55
9. Richie Porte (Australia), Trek-Segafredo +2:06
10. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:54

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 13

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Sunweb, Getty Images, ASO


COMMENTS