Tour de France 2020 - Etape 11
Ewan Juara Etape, Sagan Dihukum
by - September 09, 2020
Tour de France 2020 - Etape 11
Ewan Juara Etape, Sagan Dihukum
by MainSepeda - September 09, 2020

Caleb Ewan (Lotto Soudal) menjadi pemenang etape 11 Tour de France 2020, Rabu (9/9) malam. Balapan ini diwarnai dengan duel sengit antara Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) dengan Wout van Aert (Jumbo-Visma). Sagan menerima sanksi akibat aksi tidak sportifnya kepada Van Aert.

Matthieu Ladagnous (Groupama-FDJ) melakukan solo breakaway sejak start di Chatelaillon-Plage. Sprinter 35 tahun ini menyapu bersih poin di tanjakan Kategori 4 di Cote de Cherveux dan intermediate sprint di Les Grands Ajoncs. Ia baru tertangkap peloton pada 43 kilometer menjelang finis.

Matthieu Ladagnous (Groupama-FDJ) memimpin sendirian sejak start di Chatelaillon-Plage

Sejak saat itu seluruh pembalap bergabung menjadi satu rombongan besar. Dalam perjalanan menuju garis finis di Poitiers, Gregor Mühlberger (Bora-Hansgrohe) memutuskan berhenti karena kelelahan. Sedangkan Ion Izagirre (Astana) keluar dari balapan seusai mengalami kecelakaan di 30 kilometer terakhir.

Setelah menata kereta cepatnya, para sprinter mulai beradu cepat di kilometer pamungkas. Wout van Aert (Jumbo-Visma) melancarkan serangan pertama di 200 meter menjelang finis. Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) membuntutinya dari sisi kanan.

Dari belakang muncul Caleb Ewan (Lotto Soudal) dengan kecepatan penuh. Setelah melewati Sam Bennett (Deceuninck-QuickStep), rider asal Australia itu menjadi yang pertama menyentuh garis finis. Sagan di posisi kedua dan Bennett finis ketiga. Mereka hanya berjarak setengah ban dari Ewan.

"Ini sangat intens. Ada tiga tim yang ingin tetap unggul," ucap Ewan seusai balapan. "Saya tahu dari etape pertama bahwa saya harus tetap tenang dan menunggu waktu yang tepat dan celah yang tepat untuk dibuka, dan itu terjadi pada akhirnya," imbuhnya.

Empat pembalap terdepan memasuki garis finis dengan selisih sangat tipis

Ini adalah kemenangan etape keduanya di TdF 2020. Sekaligus victory yang kelima sepanjang dua musim berpartisipasi di ajang balap sepeda paling bergengsi di dunia ini. Sprinter asal Australia tersebut mengaku ingin menambah jumlah kemenangannya di TdF tahun ini.

"Saya berharap bisa melewati pegunungan dengan baik dan melakukan sprint lagi di Paris," bilang pembalap 26 tahun itu.

Sementara itu, Sagan tertangkap kamera menyenggolkan bahunya ke arah Van Aert sebelum menyentuh garis finis. Beruntung tindakan tidak sportif Sagan tak menimbulkan celaka bagi mantan juara dunia cyclocross asal Belgia tersebut. Van Aert finis keempat di etape 11 ini.

Setelah lomba berakhir, juri memutuskan untuk menghukum Sagan. Superstar asal Slovakia itu dinyatakan bersalah dan didegradasi menjadi finis di posisi ke-85. Kemudian Bennett naik ke peringkat kedua, dan Van Aert finis ketiga.

Primoz Roglic masih bercokol di puncak General Classification

Hasil etape 11 belum cukup untuk menggoyahkan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dari puncak General Classification (GC). Roglic yang finis ke-32 malam ini, masih berhak menyandang yellow jersey. "Etape ini lebih mudah daripada kemarin," aku juara bertahan Vuelta a Espana ini.

Profil rute etape 12 Tour de France 2020

Setelah dimanjakan dengan rute flat di etape 10 dan 11, kaki-kaki para pembalap akan "dipanasi" dulu di medan rolling di etape 12, Kamis (10/9) malam. Etape ini bukan etape main-main. Terpanjang di TdF 2020 dengan panjang 218 kilometer. Pembalap akan melintasi Chauvigny menuju Sarran. (mainsepeda)

Hasil Etape 11 Tour de France 2020 (Top Ten)
1. Caleb Ewan (Australia), Lotto Soudal 4 jam 1 detik
2. Sam Bennett (Irlandia), Deceuninck-QuickStep +0 detik
3. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +0
4. Bryan Coquard (Prancis), B&B Hotels-Vital Concept +0
5. Clement Venturini (Prancis), AG2R la Mondiale +0
6. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +0
7. Luka Mezgec (Slovenia), Mitchelton-Scott +0
8. Hugo Hofstetter (Prancis), Israel Start-Up Nation +0
9. Oliver Naesen (Belgia), Ag2r la Mondiale +0
10. Ryan Gibbons (Afrika Selatan), NTT +0

General Classification usai 11 dari 21 Etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 46 jam 15 menit 24 detik
2. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +21 detik
3. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +28
4. Romain Bardet (Prancis), Ag2r la Mondiale +30
5. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +32
6. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Pro Cycling +32
7. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE-Team Emirates +44
8. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott +1:02
9. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana +1:15
10. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain McLaren +1:42

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 13

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Lotto Soudal, Eurosport, Getty Images, ASO


COMMENTS