Kejuaraan Dunia Road Race Digelar di Imola

Union Cycliste Internationale (UCI) resmi menunjuk Italia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Road Race 2020. Durasinya dipangkas menjadi empat hari saja. Ajang ini akan dilangsungkan di Imola di regioni Emilia-Romagna pada 24-27 September mendatang.

Kejuaraan Dunia Road Race 2020 akan start dan finis di sirkuit kondang, Imola. Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari, nama resmi sirkuit ini, adalah tempat legenda F1 Ayrton Senna meninggal dunia pada Grand Prix 1994 silam. Sirkuit Imola juga menjadi lokasi finis etape 12 Giro d'Italia 2018.

Sirkuit Imola

Keputusan untuk menunjuk Imola dilakukan menyusul pembatalan Aigle-Martigny di Swiss sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Road Race 2020. Dewan Federal Swiss melarang seluruh event yang berpotensi mengundang massa lebih dari seribu orang hingga 30 September mendatang.

Dalam keterangan resminya Rabu (2/9) malam, menyesuaikan situasi kesehatan dunia yang masih berjuang melawan pandemi Covid-19, maka UCI memangkas jumlah nomor yang dilombakan. Imola akan menyelenggarakan lomba untuk kelompok elite saja, baik nomor road race maupun time trial.

Balapan road race kategori Men Elite menempuh jarak 259,2 kilometer dengan total tanjakan 5.000 meter. Sedangkan kategori Women Elite menyelesaikan rute sejauh 144 kilometer dengan total tanjakan 2.750 meter. Kelompok putra akan mengitari sirkuit selama sembilan kali, sedangkan putri selama lima kali.

Prakiraan profil rute Kejuaraan Dunia 2020 di Imola

Ada dua tanjakan sepanjang 3 kilometer dengan gradien rata-rata 10 persen. UCI mengklaim karakteristik ini akan menawarkan kepada pengendara profil yang sebanding dengan Aigle-Martigny di Swiss. sementara untuk sirkuit time trial, baik putra dan putri, akan digeber dengan jarak 32 kilometer

Presiden UCI David Lappartient mengungkapkan, ada empat kandidat untuk tuan rumah Kejuaraan Dunia Road Race 2020, yakni Imola, Peccioli (Italia), Alba Adriatica (Italia), dan Haute-Saône (Prancis). Dari empat calon itu, Lappartient mengaku terkesan dengan proposal yang diajukan penyelenggara Imola.

Mads Pedersen (tengah) menjadi juara dunia road race 2019

Pria asal Prancis ini menambahkan, menggelar kejuaraan dunia di Italia merupakan nilai simbolis yang besar bagi UCI. Menurutnya, Italia adalah negara yang sangat menderita akibat pandemi Covid-19, tetapi mampu menghadapinya dan berhasil mengendalikannya.

“Saya yakin Kejuaraan Dunia 2020 di Imola akan memungkinkan kita semua untuk menyaksikan festival olahraga yang hebat," ujar Lappartient dalam rilis resminya.

"Saya mengundang Anda semua untuk mengikuti acara ini di Italia, kawasan bersepeda sejati, di salah satu sirkuit paling menantang dalam sejarah Kejuaraan Dunia Road Race UCI. Saya berharap untuk menyaksikan balapan ini yang menjanjikan untuk menjadi luar biasa," harapnya. (mainsepeda)

Jadwal Kejuaraan Dunia Road Race 2020 di Imola
Kamis, 24 September: Women Elite individual time trial
Jumat, 25 September: Men Elite individual time trial
Sabtu, 26 September: Women Elite road race
Minggu, 27 September: Men Elite road race.

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 12

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, F1, La Flamme Rouge, Cor Vos


COMMENTS