Peter Sagan Catat Rekor Baru di Tour de France

Peter Sagan (BORA-Hansgrohe) mengukir rekor baru di Tour de France. Sprinter asal Slovakia ini mendapatkan green jersey ke-126 dalam sembilan tahun keikutsertannya di balapan paling bergengsi di dunia tersebut.

Sagan memang gagal memenangi etape ketiga Tour de France 2020, Senin (31/8) malam. Meluncurkan sprint terlalu dini membuatnya gagal maksimal di penyelesaian akhir. Ia hanya finis di posisi kelima. Meski begitu, Sagan dapat menghibur diri karena mendapatkan jersey hijau.

Pembalap 30 tahun itu memuncaki points classification setelah etape ketiga dengan koleksi 79 poin. Ia unggul dua angka dari pemenang etape pertama Alexander Kristoff (UAE-Team Emirates). Sagan akan menggunakan jersey hijau di etape keempat Selasa (1/9) malam ini.

"Saya senang dengan jersey hijau ini. Sangat menyenangkan memakainya dan saya akan melakukan yang terbaik untuk mempertahankannya sampai ke Paris," tegas juara dunia tiga kali tersebut.

Menurut catatan Cyclingnews, ini adalah kali ke-126 Sagan mengenakan green jersey di Tour de France. Jumlah itu sudah termasuk tujuh rekor sebagai pemenang points classification dalam kariernya. Sagan memulai mendominasi sprint pada Tour de France 2012 silam.

Satu-satunya momen di mana Sagan tidak memenangkan jersey hijau adalah Tour de France 2017. Kala itu ia didiskualifikasi karena terlibat kontak fisik dengan Mark Cavendish dalam adu sprint di etape keempat. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 11

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Bettini Photo


COMMENTS