Primoz Roglic Lanjutkan Dominasi Jumbo-Visma

Pasukan kuning bersepeda celeste, Jumbo-Visma, terus mendominasi lomba-lomba WorldTour 2020. Climber andalan mereka, Primoz Roglic, sukses merebut etape kedua Criterium du Dauphine 2020, di Prancis, Kamis (13 Agustus).

Roglic menang sangat meyakinkan. Melarikan diri dari para unggulan lain pada 500 meter terakhir tanjakan hors categorie (HC) Col de Porte, yang memiliki panjang total 17,5 km. Mantan juara dunia ski jumping itu menang dengan nyaman, delapan detik di depan Thibaut Pinot (Groupama-FDJ).

Sebenarnya, Team Ineos telah berupaya keras untuk mematahkan dominasi Jumbo-Visma. Di etape sepanjang 135 km itu, Egan Bernal dkk terus mencoba mengontrol peloton. Bahkan, merekalah yang membentuk kereta cepat di depan, mencoba merontokkan satu per satu para pesaing.

Namun, strategi itu tidak membuahkan hasil. Malah mungkin menjadi bumerang. Dengan sekitar 3 km tersisa di tanjakan panjang itu, Team Ineos malah kehabisan pembalap. Chris Froome, Geraint Thomas, Michal Kwiatkowski, Pavel Sivakov, justru kehabisan energi. Bernal pun kembali terisolasi sendirian, sementara Jumbo-Visma masih punya Roglic ditemani Sepp Kuss.

Melihat tak punya lagi teman, Bernal memilih manuver berani mati. Dia mencoba melakukan attack cepat. Tapi tak mampu berlangsung lama. Kuss melejit ke depan dan mengontrol kelompok kecil terakhir menuju km terakhir. Setelah itu, Roglic tancap gas. Tak satu pun mampu mengikuti.

Bernal hanya mampu finis di urutan sepuluh.

Dengan hasil ini, Roglic pun mengambil alih pimpinan general classification (GC) di Dauphine, yang merupakan balapan pemanasan resmi menjelang Tour de France 2020. Ini berarti, Roglic sudah layak disebut sebagai unggulan utama lomba paling bergengsi itu, ketika dimulai pada 29 Agustus mendatang.

Mengingat sebelum ini, Roglic sudah mendominasi lomba pemanasan lain, Tour de l'Ain. Di sana, dia juga menghancurkan Bernal.

Jumbo-Visma telah memenangi dua etape pembuka Criterium du Dauphine. Sebelum Roglic, Wout van Aert sukses merebut etape pertama. Dengan tiga etape tersisa, mampukah pasukan pengendara Bianchi ini melanjutkan dominasi? Tanda-tandanya begitu.(mainsepeda)

Hasil Etape 2 Criterium du Dauphine 2020 (Top Ten)

1.Primoz Roglic (Slovenia) Jumbo-Visma 3:39:40

2. Thibaut Pinot (Prancis), Groupama-FDJ + 8 detik

3. Emanuel Buchmann (Jerman), Bora-Hansgrohe + 8

4. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis + 8

5. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic + 10

6. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana + 10

7. Daniel Martinez (Kolombia), EF + 10

8. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain-McLaren + 10

9. Richie Porte (Australia), Trek-Segafredo + 10

10. Egan Bernal (Kolombia), Team Ineos + 10

General Classification usai 2 dari 5 Etape

1. Primoz Roglic (Slovenia) Jumbo-Visma 9:07:12

2. Thibaut Pinot (Prancis) Groupama-FDJ + 12 detik

3. Emanuel Buchmann (Jerman) Bora-Hansgrohe + 14

4. Egan Bernal (Kolombia) Team Ineos + 16

5. Guillaume Martin (Prancis) Cofidis + 18

6. Nairo Quintana (Kolombia) Arkea-Samsic + 20

7. Richie Porte (Australia) Trek-Segafredo + 20

8. Mikel Landa (Spanyol) Bahrain-McLaren + 20

9. Miguel Angel Lopez (Kolombia) Astana + 20

10. Daniel Martinez (Kolombia) EF + 20

Foto-Foto: Criterium du Dauphine

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 9

Audionya bisa didengarkan di sini


COMMENTS