Canyon Ultimate CFR; Kejar Ringan Abaikan Kabel
by - August 11, 2020
Canyon Ultimate CFR; Kejar Ringan Abaikan Kabel
by MainSepeda - August 11, 2020

Bagi penggemar sepeda Canyon, bersiaplah dengan kode baru. Mulai sekarang, produk tertinggi dari merek Jerman itu menggunakan kode "CFR" alias Canyon Factory Racing. Menggeser kode lama CF SLX, sekaligus "menurunkan" lagi kode CF SL ke level lebih terjangkau.

Menjelang lomba terbesar tahun ini, Tour de France, Canyon pun merilis barisan Canyon Ultimate CFR-nya. Menyebutnya sebagai produk level selanjutnya, mengejar target untuk memproduksi sepeda performa tinggi yang paling ringan.

Ringan memang daya tarik utama Canyon Ultimate CFR ini. Canyon mengklaim bobot frame-nya hanya 675 gram, sedangkan fork-nya hanya 285 gram. Sebagai pembanding, Ultimate CF SLX bobot frame adalah 785 gram dengan fork 325 gram. Dua-duanya memakai sistem disc brake.

Canyon Ultimate CFR Disc EPS

Sebenarnya, Ultimate CFR ini tidak benar-benar baru. Sebenarnya, Canyon sudah merilis frame yang sama tahun lalu. Waktu itu dengan nama "Ultimate CF Evo." Tapi sekarang mereka menempatkan frame ini sebagai produk paling ditonjolkan. Dan tim-tim yang mereka sokong di WorldTour, seperti Movistar, akan menggunakannya.

"Sebagai sepeda allround keturunan juara grand tour, Ultimate CFR dibuat untuk menghasilkan rasio stiffness-to-weight terbaik, untuk efisiensi absolut. Keringanan adalah yang terpenting, begitu pula ketangguhan. Makanya frame 675 gram dan fork 285 gram telah lolos pengujian ketat dari kami," bunyi pernyataan Canyon.

Selisih berat dengan CF SLX itu didapat dengan materi karbon ultra-high modulus. Canyon mengklaim harus mendapat izin khusus dari Kementrian Pertahanan Jepang untuk menggunakan bahan tersebut.

Canyon Ultimate CFR Disc Di2 menggunakan Shimano Dura-Ace Di2

Canyon menawarkan Ultimate CFR ini dalam dua versi full bike. Yang pertama memakai Shimano Dura-Ace Di2 dengan wheelset DT Swiss ARC 1100 DICUT 50 mm. Bobot totalnya 6,5 kg.

Juga ada versi lebih ringan, menggunakan Campagnolo Super Record EPS, dengan wheelset DT Swiss PRC 1100 25Y Anniversary. Bobot yang yang satu ini hanya 6,2 kg.

Atau, bisa juga memesan modulnya. Terdiri atas frame, fork, seatpost Schmolke 1K karbon, plus kokpit integrated dari Canyon.

Canyon Ultimate CFR Disc EPS menggunakan Campagnolo Super Record EPS

Oh ya, catatan khusus bagi pemerhati detail. Sepeda termutakhir dari Canyon ini tidak terlalu memusingkan soal kabel. Kokpitnya memang integrated, tapi kabel rem masih terekspose dan terlihat. Mereka tentu sudah menghitung kalau dampak aerodinamikanya sebenarnya sangat minimal. Plus, setelan ini lebih menyenangkan para mekanik, yang bisa lebih mudah melakukan perawatan!

Selain itu, bagi penggemar sepeda aero, tidak lama lagi Canyon tampaknya juga akan merilis versi CFR dari Canyon Aeroad. Sepeda terbaru itu sudah tercatat di daftar resmi UCI. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 8: Jangan Sampai Celaka Konyol di Jalan

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Canyon


COMMENTS