Froome Percaya Diri Sambut Tour de France 2020

Dihantam cedera parah di Criterium du Dauphine sehingga absen sejak Juni 2019 tak membuat Chris Froome kehilangan semangat. Ia bertekad membalas musim yang buruk tahun lalu dengan menjuarai Tour de France 2020.

Petaka di Criterium du Dauphine membuat Froome harus melewatkan Tour de France tahun lalu. Bukan hanya itu, ia melalui serangkaian operasi yang membuatnya absen hingga akhir 2019. Froome baru kembali ke balapan di UAE Tour 2020, akhir Februari lalu.

Selepas itu musim balap terhenti sejak medio Maret. Froome pun lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bersama keluarganya. Setelah empat bulan beristirahat, Froome kembali lagi ke lintasan. Ia membela Team Ineos di La Route d'Occitanie, 1-4 Agustus 2020.

"Rasanya sangat menyenangkan bisa membalap lagi. Tidak hanya setelah kecelakaan dan kembali dari cedera, tetapi setelah seluruh situasi akibat Covid-19 juga," katanya seperti yang dilansir Cyclingnews.

Froome tampaknya semakin bergairah. Bahkan ia sangat percaya diri menyambut Tour de France musim ini. "Saya merasa seperti berada di jalur yang benar menuju Tour de France," ucapnya sesaat sebelum etape kedua La Route d'Occitanie, Minggu (2/8) malam.

Memang masih ada sedikit pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengembalikan performa terbaiknya. Namun Froome menegaskan bahwa semuanya adalah bagian dari pengembangan kemampuannya menuju Tour de France, 29 Agustus hingga 20 September nanti.

Rider asal Wales ini mengakui bahwa penundaan Tour selama dua bulan telah menguntungkan persiapannya. "Sebenarnya sangat banyak. Penundaan balapan itu telah membantu saya mengambil langkah berikutnya untuk kembali ke kondisi normal lagi," ucapnya.

"Dengan sisa waktu kurang dari sebulan menuju Tour de France, saya berada di jalur yang tepat untuk balapan itu. Saya senang dengan kondisi di mana saya berada saat ini. Kaki saya juga terasa enak," imbuh pemilik empat gelar Tour de France itu. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 7: Gowes di Luar Negeri Belum Tentu Lebih Mahal

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, La Route d'Occitanie


COMMENTS