Etape Kedua Milik Fernando Gaviria

Fernando Gaviria tampil mengesankan pada etape kedua Vuelta a Burgos, Rabu (29/7) malam. Rider UAE Team Emirates ini memenangkan adu sprint untuk merebut podium utama. Ia menyelesaikan rute sejauh 168 kilometer dengan catatan waktu 3 jam 55 menit 38 detik.

Etape kedua, dari Castrojeriz menuju Villadiego, menjadi santapan empuk untuk sprinter seperti Gaviria. Etape ini menyuguhkan medan flat sepanjang 168 kilometer. Seperti di etape pertama kemarin, para pembalap menjalani pemeriksaan suhu dan wajib menggunakan masker saat berada di garis start.

Tiga pembalap UAE Team Emirates, yakni Sebastian Molano, Cristian Munoz, dan Camilo Ardila absen karena menjalani isolasi. Mereka terlibat kontak dengan seseorang yang positif COVID-19. Sebastian Henao (Ineos) dan Gijs Leemreize (Jumbo-Visma) juga tak membalap setelah mengalami kecelakaan di etape pertama

Aksi breakaway dilakukan oleh lima pembalap saat balapan baru dimulai. Kelimanya adalah Riccardo Verza (Kometa Xstra), Joel Nicolau Beltran (Seguros CajaRural-RGA), Angel Fuentes (Burgos-BH), Alessandro Fedeli (Nippo Delko Provence), dan Francisco Galvan Fernandez (Kern Pharma).

Setelah meninggalkan peleton dengan gap hampir lima menit, empat dari kelima pembalap ini ditangkap rombongan besar pada 17 kilometer menjelang finis. Kini hanya Joel Nicolau Beltran yang sendirian di garis terdepan. Ia hanya terpaut jarak 20 detik dari peleton.

Seluruh pembalap tergabung dalam rombongan besar pada 10 kilometer terakhir. Tim-tim macam Bora-Hansgrohe, Bahrain McLaren, Mitchelton-Scott, NTT, CCC, dan Groupama-FDJ mulai mengatur komposisi pembalapnya untuk bersiap adu sprint.

CCC melakukan manuver pada tiga kilometer terakhir. Kemudian Deceuninck-QuickStep mengambil alih pimpinan lomba pada 1,5 kilometer jelang finis. Kecelakaan yang melibatkan sejumlah pembalap di tikungan terakhir di 500 meter sebelum finis mengubah segalanya.

Ketika konsentrasi para rivalnya terpecah, Gaviria langsung tancap gas dan melesat mulus memasuki garis akhir. Rider Kolombia ini mengasapi Arnaud Demare (Groupama-FDJ) dan Sam Bennett (Deceuninck-QuickStep), serta memaksa mereka puas di posisi kedua dan ketiga.

"Ini adalah salah satu kemenangan yang paling manis tahun ini. Setelah seluruh lomba mengalami hiatus karena pandemi ini," bilang Gaviria seusai lomba.

Menurutnya, kehilangan tiga pembalap akibat isolasi menjadi pukulan berat untuk UAE Team Emirates. Apalagi Gaviria tidak didampingi Molano yang selama ini selalu menjadi mesin pendukungnya. Tapi Gaviria memang mujur hari ini. Ia menjadi yang tercepat dalam adu sprint menjelang finis.

"Pada saat yang tepat kami datang bersama untuk melakukan sprint yang baik dan mendapatkan kemenangan ini," tutur mantan pembalap QuickStep Floors itu.
Hanya saja kemenangannya ini belum cukup untuk membawanya ke puncak General Classification (GC). Felix Grosschartner (Bora-Hansgrohe) masih kokoh di puncak GC walaupun finis ke-25 di etape kedua. Grosschartner masih akan mengenakan jersey ungu di etape ketiga Kamis (30/7) malam. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Vuelta a Burgos (Top Ten)
1. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE Team Emirates, 3 jam 55 menit 38 detik
2. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ +0 detik
3. Sam Bennett (Irlandia), Deceuninck-QuickStep +0
4. Matteo Trentin (Italia), CCC +0
5. Jon Aberasturi Izaga (Spanyol), Caja Rural-Seguros RGA +0
6. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +0
7. Giacomo Nizzolo (Italia) NTT +0
8. Edward Theuns (Belgia), Trek-Segafredo +0
9. Pascal Eenkhoorn (Belanda), Jumbo-Visma +0
10. Mikel Aristi (Spanyol), Euskaltel-Euskadi +0

General Classification (Top Ten)
1. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe 7 jam 35 menit 59 detik
2. Jon Aberasturi Izaga (Spanyol), Caja Rural-Seguros RGA +8 detik
3. Matteo Trentin (Italia), CCC +8
4. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +8
5. Giacomo Nizzolo (Italia), NTT +8
6. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +8
7. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain McLaren +8
8. George Bennett (Selandia Baru), Jumbo-Visma +8
9. Esteban Chaves (Kolombia), Mitchelton-Scott +8
10. Richard Carapaz (Ekuador), Team Ineos +8

Points classification (Top Three)
1. Felix Grosshartner (Bora–Hansgrohe) – 25 poin
2. Fernando Gaviria (UAE Team Emirates) – 25 poin
3. Jon Aberasturi Izaga (Caja Rural-Seguros RGA) – 21 poin

Mountains classification (Top Three)
1. Gotzon Martin (Euskaltel-Euskdadi) – 16 poin
2. Diego Sevilla (Kometa Xstra) – 12 poin
3. Jetse Bol (Burgos-BH) – 10 poin

Youth classification (Top Three)
1. Eddie Dunbar (Team Ineos) 7 jam 36 menit 7 detik
2. Urko Berrade (Equipo Kern Pharma) +0 detik
3. Lennard Kamna (Bora-Hansgrohe) +0

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 7: Gowes di Luar Negeri Belum Tentu Lebih Mahal

Foto: Getty Images


COMMENTS