Jangan main-main dengan protokol kesehatan! Inilah pesan yang ingin disampaikan salah satu peserta WorldTour, Team Sunweb. Mereka mengusir salah satu pembalapnya, Michael Storer gara-gara melanggar protokol kesehatan yang disusun untuk mencegah penularan virus corona.

Team Sunweb tengah melakukan pemusatan latihan di Kuhtai, Austria. Untuk mengurangi risiko penularan virus corona, tim yang terdaftar di Jerman ini membagi skuadnya dalam tiga 'bubble'. Mereka juga menyusun protokol kesehatan ketat. Protokol inilah yang dilanggar oleh Storer.

Rider asal Australia tersebut meninggalkan 'bubble-nya' untuk berbelanja. Padahal seluruh pembalap tidak diizinkan keluar hotel guna mereduksi kemungkinan penularan virus corona. Mereka juga dilarang menerima tamu selama di tinggal hotel.

"Kami menerapkan tindakan pencegahan yang sangat ketat selama kamp pelatihan di Kuthai, Austria. Kami ingin membatasi interaksi dengan dunia luar sebanyak mungkin untuk meminimalkan risiko infeksi virus ini dari berbagai 'bubble'," jelas," juru bicara Sunweb kepada laman Wielerflits.

Tak hanya untuk mengurangi risiko penularan virus corona, Sunweb juga tidak mau pembalapnya atau siapa pun elemen di tim ini, membawa virus ini ke peleton saat WorldTour musim 2020 dilanjutkan pada 1 Agustus nanti. Sunweb menegaskan, Storer amat paham dengan kebijakan ini.

"Ini murni sebagai tindakan pencegahan, dan Michael sendiri sepenuhnya memahaminya. Olahraga tingkat atas di masa pandemi coronavirus ini adalah situasi baru bagi semua orang. Banyak yang dituntut. Tentu saja kami juga memahami bahwa para pembalap dan staf harus terbiasa dengan hal itu," jelasnya. (mainsepeda)

Episode Keempat Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray: Tips beli sepeda, mahal atau murah? karbon atau besi?

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Cor Vos, Sunweb, Getty Images


COMMENTS