Hore, Ada Rute Tour de France di Zwift!
by - June 29, 2020
Hore, Ada Rute Tour de France di Zwift!
by MainSepeda - June 29, 2020

Kabar yang ditunggu-tunggu itu akhirnya tiba. Rute Tour de France hadir di platform virtual Zwift. Mulai weekend ini, 4 Juli 2020, rute tersebut sudah bisa dirasakan oleh pengendara virtual di seluruh dunia.

Zwift, yang berpusat di California, menyiapkan dua "dunia" baru di dalam aplikasinya. Yaitu "France" dan "Paris." Detail keduanya masih belum dijabarkan, tapi yang jelas keduanya akan memiliki rute-rute ikonik lomba paling bergengsi di dunia tersebut.

Di France misalnya, akan ada tanjakan menantang baru, replika dari Mont Ventoux yang legendaris. Kabarnya akan dinamai "Ven-Top." Tanjakan 22 km itu menjadi tanjakan legendaris kedua yang masuk ke dalam Zwift. Sebelumnya, replika Alpe d'Huez sudah dimasukkan di dunia Watopia, diberi nama Alpe du Zwift.

Sedangkan di Paris, dunianya akan lebih kecil. Ini adalah replika dari sirkuit penutup Tour de France, yang melewati jalanan kondang Champs Elysees.

"Peta France mengambil inspirasi dari negara tersebut, dan membuat kita merasa menyatu dengan negara itu. Zwifter bisa melewati kawasan perkebunan anggur, hamparan bunga matahari," bunyi pernyataan resmi Zwift.


Untuk merayakan rute baru ini, Zwift bersama Tour de France menyelenggarakan lomba virtual untuk para profesional dunia. Hampir semua tim-tim terbaik dunia, Men maupun Women, akan ikut serta dalam sejumlah etape yang telah disiapkan. Ada yang melewati dunia lama Zwift, ada yang melewati France dan Paris.

Lomba untuk para profesional diselenggarakan setiap Sabtu dan Minggu selama tiga weekend berturut-turut, mulai 4 Juli ini. Sambil mengisi waktu, mengingat Tour de France yang sebenarnya terpaksa ditunda hingga Agustus mendatang karena Covid-19. Balapannya bisa ditonton di berbagai saluran televisi, atau lewat saluran-saluran streaming.

Bagaimana dengan kita-kita penghobi? Jangan khawatir. Walau belum masuk rotasi dunia resmi, France dan Paris tetap tersedia untuk semua pengguna Zwift. Ada event virtual L'Etape du Tour de France yang kita semua bisa ikuti. Setiap weekend akan ada belasan event yang bisa kita ikuti, menyesuaikan jadwal masing-masing negara/kota.

Dalam beberapa hari ke depan, detail lebih komplet akan terus dirilis oleh Zwift. (mainsepeda)

Episode Baru Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray:

Audionya bisa juga didengarkan di Spotify


Foto: Zwift


COMMENTS