Roglic Juara Kejurnas Slovenia Setelah Kalahkan Pogacar

Dua pembalap unggulan di Tour de France 2020, Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dan si anak ajaib Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) bersaing sengit di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) road race Slovenia, Minggu (21/6) malam. Roglic berhasil menaklukkan Pogacar dan mengamankan podium pertama.

Roglic finis pertama setelah menyelesaikan balapan sejauh 146 kilometer dengan catatan waktu 3 jam 30 menit 54 detik. Pogacar di posisi kedua dengan selisih sepuluh detik. Sementara tempat ketiga dihuni Matej Mohoric (Bahrain McLaren) dengan gap 39 detik.

"Sangat luar biasa karena situasinya memungkinkan kami untuk balapan lagi. Karena itu saya sangat senang bisa meraih gelar juara nasional pada balapan pertama saya musim ini," bilang Roglic dalam laman resmi Jumbo-Visma, Senin (22/6) dini hari.


Kejurnas road race Slovenia start di Cerklje na Gorenjskem. Para pembalap melakukan circuit race dalam enam putara. Finisnya di tanjakan Ambroz pod Krvavec. Tanjakan ini memiliki elevasi lebih dari 1.000 meter dengan gradien sekitar 7,9 persen.

Empat pembalap, Ziga Horvat (Adria Mobil), Jan Tratnik (Bahrain McLaren), Nik Cemazar (KK Kranj), dan Matic Groselj (Ljubljana Gusto Santic) melakukan breakaway pada awal lomba. Jumlah pembalap terdepan menyusut dan menyisakan Tratnik sendirian menjelang tanjakan Ambroz pod Krvavec.

Tratnik terpaut gap 30 detik dari lima pembalap yang ada di belakangnya, yakni Pogacar, Roglic, Mohoric, Luka Pibernik (Bahrain McLaren) dan Jani Brajkovic (Adria Mobil). Pogacar dan Roglic berhasil menangkap Tratnik pada empat kilometer menjelang finis.

Pogacar dan Roglic bersaing ketat menjelang finis. Pogacar menyalip Roglic saat balapan menyisakan dua kilometer. Roglic membalas di 300 meter terakhir. Ia sukses menyisihkan Pogacar dan melakukan solo ride hingga menyentuh garis finis. Pogacar finis kedua dengan gap sepuluh detik. Mohoric finis ketiga dengan gap 39 detik.

"Ini adalah balapan yang sulit dengan tanjakan terakhir yang sangat sulit. Mengingat hasil di musim semi, Tadej adalah favorit dan tentu saja tidak mudah untuk mengalahkannya. Saya telah memperhitungkan pendakian dengan baik dalam beberapa hari terakhir, jadi saya tahu di mana saya harus menyerang," jelas Roglic.

Untuk Jumbo-Visma, ini adalah podium keempatnya musim ini. Tiga kemenangan sebelumnya dipersembahkan oleh Dylan Groenewegen di Volta a la Comunitat Valenciana dan UAE Tour. Bagi Roglic inilah gelar nasional perdana dalam karirnya, dan gelar pertamanya musim ini.

"Saya jelas belum dalam performa terbaik. Akan tetapi saya sudah menantikan balapan mendatang. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada tim karena telah berupaya mendukung saya di Slovenia. Hal itu sangat berarti untukku," imbuhnya.

Sementara itu, Ursa Pintar (Ale BTC Ljubljana) menjadi pemenang untuk kategori women elite dengan catatan waktu 1 jam 53 menit 24 detik. Spela Kern (Lviv Cycling Team) di posisi kedua dengan gap 14 detik. Urska Zigart (Ale BTC Ljubljana) berada di urutan ketiga dengan gap 9 menit 15 detik.(mainsepeda)

Saksikan Podcast MAIN SEPEDA with AZA dan Johnny Ray dengan Tema "Kesalahan-Kesalahan Cyclist Pemula"

Foto: Jumbo-Visma, La Flamme Rouge


COMMENTS