Mitchelton–Scott Batal Berganti Nama

Manuela Fundación sebagai nama baru tim Mitchelton–Scott hanya bertahan kurang tahun seminggu. Gerry Ryan selaku pendiri dan bos di tim asal Australia tersebut mengonfirmasi bahwa kerja sama dengan entitas nirlaba milik Francisco Huertas ini tak akan berlanjut.

Perubahan nama Mitchelton–Scott menjadi Manuela Fundación diumumkan pada 12 Juni lalu. Merek baru ini bakal digunakan mulai Juli nanti. Tak sekadar merilis perubahan nama, mereka juga mengunggah desain jersey anyar yang akan dipakai di sisa musim balap 2020.

Selepas itu kedua kubu justru ribut sendiri. Ryan menegaskan bahwa ia masih menjadi pemilik Mitchelton–Scott. Sedangkan Manuela Fundación mengklaim kedua pihak telah menandatangani kesepakatan pada 5 Juni mencakup hak sponsor pada 2020 dan hak kepemilikan lisensi mulai 2021.

Pada Kami (18/6) malam Ryan mengabarkan jika kerja sama dengan Manuela Fundación tak akan dilanjutkan. "Kami merasakan hubungan awal yang kuat dengan Francisco Huertas, Manuela Fundación dan tujuan mulia mereka," kata Ryan dalam laman resmi tim.

"Namun karena negosiasi telah berkembang setelah pengumuman awal pada Jumat (12/6) lalu, kami telah menyimpulkan bahwa hubungan ini tidak akan dilanjutkan. Kami berharap semua yang terbaik untuk Francisco Huertas dan Manuela Fundación di masa depan," tegasnya.

Ryan menambahkan bahwa seluruh tim, baik putra maupun putri, akan kembali berlomba dengan nama Mitchelton–Scott pada sisa musim ini. Bukan hanya itu, Ryan siap menanggung seluruh kebutuhan keuangan dan masalah teknis lainnya.

"Ini akan mencakup pengembalian gaji penuh untuk semua pembalap dan staf saat WorldTour dimulai pada Agustus. Juga komitmen untuk tahun 2021 saat kami mencari sponsor yang sesuai. Kami tidak sabar untuk kembali ke jalan dan mulai memenangkan lebih banyak balapan," bilangnya.

Sementara itu, pernyataan Ryan memantik amarah dari kubu Manuela Fundación. Direktur Manuela Fundación U23 Manuel Calvente mengungkapkan bahwa kedua belah pihak telah menandatangani perjanjian kerja sama pada 5 Juni dan diumumkan di akun media sosial kedua tim pada 12 Juni.

Seperti yang dilansir Cyclingnews, Calvente mempermasalahkan pernyataan Ryan ketika diwawancarai salah satu media pada Rabu (16/6) kemarin. Ryan berujar bahwa Mitchelton–Scott masih miliknya dan ia masih mencari sponsor lagi. Padahal mereka sudah deal dengan Manuela Fundación.

Calvente tak tahu kapan Mitchelton-Scott mengatakan kepada Fundación bahwa mereka tidak melanjutkan kesepakatan. Ia juga menyindir kondisi keuangan tim yang terbentuk pada 2012 ini. "Jika mereka tidak punya uang untuk membayar bulan ini, bagaimana mereka bisa membayar bulan berikutnya?" sentilnya.

Sejak kemunculan komentar Ryan pada Rabu lalu, Calvente mulai ragu apakah kesepakatan ini layak dilanjutkan atau tidak. "Kami berbicara tentang jumlah uang yang signifikan. Kami tidak keberatan untuk apa pun. Dan sekarang mereka keluar dengan ini," sesalnya.(mainsepeda)

Saksikan Podcast MAIN SEPEDA with AZA dan Johnny Ray dengan Tema "Kesalahan-Kesalahan Cyclist Pemula"



Foto: Mitchelton–Scott


COMMENTS