Sudah 15 Tahun, Anies Baswedan Setia dengan Schwinn Skyliner

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ternyata demen main sepeda. Anies mengaku tumbuh besar dengan sepeda. Bahkan, pria asal Jogjakarta ini masih setia dengan sepeda buatan Amerika Serikat, Schwinn. Sepeda itu telah ia gunakan dalam kurun waktu 15 tahun terakhir.

Anies menceritakan kegemarannya bersepeda di akun Instagram miliknya akhir pekan lalu. Gubernur berusia 51 tahun itu mengaku tumbuh besar dengan sepeda. Ia selalu bersepeda ke sekolah hingga menempuh pendidikan di SMP Negeri 5 Jogjakarta.

Sepeda juga menjadi teman perjuangan Anies pada awal-awal kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM). Mantan Rektor Universitas Paramadina itu acap kali ke kampus dengan bersepeda. Anies juga memilih sepeda sebagai moda transportasi ketika kuliah di University of Maryland, Amerika Serikat awal 2000-an lalu.

"Sepeda saya sekarang mereknya Schwinn, tipe Skyliner, dan sudah dipakai lebih dari 15 tahun," bilang tulis ayah empat anak tersebut.

Sepeda itu dibelinya di semasa kuliah di Amerika. Pada saat itu harganya 150 USD. Ketika kembali ke Indonesia, sepeda tersebut turut dikirim ke anah air bersama buku-buku miliknya. Sepeda Schwinn Skyliner inilah yang digunakan oleh Anies hingga saat ini.

"Sampai sekarang sepeda ini tetap nyaman dipakai, masih kokoh, dan hanya perlu perbaikan mekaniknya seperti rantai dan gigi karena sudah 'aus' dimakan waktu⁣," ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Sebagai Gubernur Jakarta, Anies mendorong masyarakat menerapkan gaya hidup sehat dengan bersepeda. Apalagi pandemi coronavirus membuat sepeda semakin popuper. Menurut data Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) Indonesia, penggunaan sepeda di Jakarta naik 10 kali lipat selama pandemi ini.

Imbasnya, toko dan bengkel sepeda ramai dikonjungi warga yang membeli atau mereparasi tunggangannya. Bagi Anies, femomena ini sangat membahagiakan untuknya. Artinya, ada gairah baru untuk bersepeda. ⁣ Anies berharap semakin banyak masyarakat yang memilih sepeda sebagai alat transportsi

"Bukan hanya saat liburan, tapi saat bekerja, saat bekegiatan apapun selama memungkinkan pakai sepeda maka gunakanlah sepeda.⁣⁣ Pesannya sederhana: mari kita jadikan sepeda sebagai alat transportasi bukan hanya alat olahraga," tutur Anies.(mainsepeda)

Foto: Instagram Anies Baswedan


COMMENTS