'Superman' Pimpin Astana di Tour de France 2020

Superman dipastikan tampil di Tour de France 2020. Superman adalah julukan yang disematkan kepada pembalap asal Kolombia, Miguel Angel Lopez. Rider 26 tahun tersebut akan menjalani debut di Tour de France setelah ditunjuk sebagai leader di tim Astana.

Tim yang bermarkas di Kazakhstan telah menentukan pembalap yang akan menjadi leader di Grand Tour musim ini. Dan, Superman Lopez lah yang didapuk sebagai pemimpin di Tour de France pada 29 Agustus-20 September mendatang. Ia akan ditemani juara nasional Kazakhstan, Alexey Lutsenko.

Selain menunjuk Superman Lopez sebagai leader di Tour de France, Astana sekaligus mengumumkan Jakob Fuglsang sebagai pemimpin Astana di Giro d'Italia pada 3-25 Oktober nanti. Hanya saja Astana belum mengumumkan siapa leader tim di Vuelta a Espana pada 20 Oktober-8 Novembernanti.

"Tentu saja tujuan utama kami pada musim yang singkat ini adalah Grand Tour. Semua tim akan berusaha untuk membuktikan diri di Tour de France, Giro d'Italia, dan Vuelta a Espana. Tak terkecuali juga tim kami," tegas General Manager Astana Alexandr Vinokurov.

Superman Lopez yang sudah membela Astana sejak 2015, sebenarnya belum pernah sekalipun membalap di Tour. Musim ini adalah tahun pertamanya berjuang di Perancis. Meski begitu, ia sudah berpengalaman di Giro dan Vuelta. Pembalap kelahiran Pesca ini dua kali ambil bagian di Giro, dan empat kali turun di Vuelta.

Catatan prestasinya pun bagus. Superman Lopez adalah penyandang gelar pembalap muda terbaik pada Guro edisi 2018 dan 2019. Ia juga menempati posisi ketiga di klasemen umum Giro 2018. Selain itu, ia juga memuncaki klasemen young rider classification di Vuelta 2017. Serta posisi ketiga di general classification Vuelta 2018.

Superman Lopez juga tercatat sebagai pemenang balapan Milano–Torino 2016, Tour de Suisse 2016, dan Volta a Catalunya 2019. Startnya pada musim 2020 pun berjalan manis. Ia menempati posisi ketiga di klasemen umum Volta ao Algarve.

"Saya benar-benar termotivasi dan bersemangat tentang debut saya di Tour de France tahun ini. Saya akan berusaha mempersiapkannya sebaik mungkin. Ini akan menjadi langkah besar ke depan dalam karier saya," bilang Superman Lopez dalam keterangan resminya.


Lutsenko sebagai tandem Superman Lopez di Tour de France 2020 juga sangat semangat menyambut kelanjutan musim ini. Sebelum ambil bagian di Perancis, pembalap 27 tahun itu berencana turun di Strade Bianche pada 1 Agustus nanti. Ia ingin berada dalam kondisi 100 persen saat musim ini berlanjut lagi.

"Tahun ini saya berencana untuk mengambil bagian dalam Tour de France. Itu akan menjadi balapan yang sangat sulit. Gunung-gunung sudah ada di tahap pertama, jadi pertarungan yang menarik akan menunggu kami. Saya ingin unjuk gigi dalam balapan hebat ini," tegasnya.


Sementara itu, Giro 2020 akan menjadi periode kedua untuk Jakob Fuglsang. Ya, dalam 15 tahun kariernya di dunia balap,
rider 35 tahun itu baru sekali turun di Giro 2016 lalu. Tak mengherankan jika pria asal Denmark tersebut sangat antusias saat ditunjuk sebagai leader di Giro tahun ini.

"Saya senang mendapatkan peran utama di Giro d'Italia. Ini adalah kesempatan besar bagi saya. Giro adalah tujuan utama saya," tegasnya.

Tim Astana sendiri akan menggelar pemusatan latihan mulai Juli nanti di dua tempat, Sierra Nevada (Spanyol) dan Livigno (Italia). Tim akan dibagi menjadi dua kelompok. Vuelta a Burgos, Strade Bianche, Milano-Torino, Milano-San Remo dan Tour de Pologne akan menjadi agenda awal pada lanjutan musim 2020.

"Kami berharap mendapatkan pelatihan yang sangat baik agar tampil bagus di balapan pertama," harap Vinokurov.(mainsepeda)

Foto: Biciciclismo, Getty Images


COMMENTS