Sagan Lewatkan Paris-Roubaix dan Tour of Flanders Demi Debut di Giro
by - May 28, 2020

Superstar Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) disebut akan absen di Paris-Roubaix dan Tour of Flanders untuk memenuhi janjinya turun di Giro d'Italia musim ini. Agenda kedua balapan Monumen tersebut memang berbenturan dengan Giro 2020.

Berdasarkan jadwal anyar yang dirilis oleh Union Cycliste Internationale (UCI), Giro 2020 akan berlangsung pada 3-25 Oktober. Sedangkan Tour of Flanders akan digeber pada 18 Oktober. Sementara Paris-Roubaix dilangsungkan pada 25 Oktober.

Sang juara dunia tiga kali tersebut pernah menjuarai Paris-Roubaix pada 2018 lalu. Pada saat itu ia menyisihkan Silvan Dillier (AG2R La Mondiale) dan Niki Terpstra (Quick-Step Floors). Dua tahun sebelumnya, Sagan menjadi yang terbaik di Ronde van Vlaanderen-nama lain Tour of Flanders.

Media asal Slovakia, Aktuality melaporkan bahwa perubahan jadwal WorldTour 2020 membuat Sagan merivisi targetnya musim ini. Rider 30 tahun itu menjadikan balapan Milan-San Remo (8 Agustus) sebagai ajang pemanasan. Kemudian ia akan fokus ke Tour de France (29 Agustus-20 September).

Setelah beres di Perancis, Sagan akan beristirahat sejenak kemudian lanjut membalap di Giro (3-25 Oktober). Sagan memang sudah berjanji akan membalap di Giro tahun ini. Sagan pernah mengatakan bahwa Giro, Tour de France dan Olimpiade adalah target utamanya pada musim 2020.

"Dalam sepuluh tahun terakhir, saya memiliki kesempatan dan hak istimewa untuk turun berkali-kali dalam beberapa balapan paling bergengsi di Italia. Akan tetapi, saya selalu merasa ada sesuatu yang hilang, yaitu Giro d'Italia," katanya saat menghadiri presentasi rute Giro d'Italia 2020 di Milan, Oktober 2019 lalu.

Menurut Aktuality, janji untuk debut di Giro itulah yang membuat Sagan Sagan tak akan turun di Paris-Roubaix, Tour of Flanders, maupun balapan Ardennes dan Flanders classics lainnya.

Hingga berita ini ditulis, Sagan belum mengungkapkan rincian agenda balapnya setelah perubahan jadwal WorldTour musim ini. Beberapa waktu lalu, via Instagram, Sagan hanya menyebut akan tampil di Milan-San Remo dan Tour de France.


Sementara itu, Bora-Hansgrohe bersiap menggelar pemusatan latihan di Otztal, Austria pada medio Juni nanti. Tim asal Jerman yersebut mengatakan, kamp kali ini akan dilakukan seaman mungkin dengan mengikuti protokol kesehatan. Pembalap pun akan dibagi ke beberapa kelompok.

"Kami punya waktu dua bulan untuk mempersiapkan diri menuju balapan pertamakami. Jadi pemusatan latihan ini sangat ideal dan semua orang sangat termotivasi," kata Manajer tim Bora-Hansgrohe, Ralph Denk. Ia berharap seluruh pembalapnya dalam kondisi prima pada Agustus nanti.(mainsepeda)

Foto: Bora-Hansgrohe, Bettini Photo, Velo Images


COMMENTS