Pembalap F1 ke Hijrah ke Balap Sepeda dan Ikut e-Tour de Pologne
by - May 18, 2020

Pembalap Formula 1 (F1), Robert Kubica banting setir ke balap sepeda. Pembalap asal Polandia tersebut berpartisipasi pada balapan virtual Tour de Pologne yang berlangsung Sabtu (16/5) kemarin. Ajang ini diikuti sekitar seribu cyclist dari penjuru negeri di Eropa Tengah tersebut.

Kubica bukan nama asing bagi pecinta F1. Pria 35 tahun ini telah membalap untuk BMW Sauber mulai 2006 hingga 2009. Kemudian ia hijrah ke Renault pada 2010. Selepas itu namanya menghilang. Kubica kembali ke F1 pada 2018 sebagai test driver Williams. Ia menjadi pembalap utama tim itu pada 2019.

Kubica resmi menjadi test driver Alfa Romeo Racing Orlen per 1 Januari 2020. Ia dikenal doyan bersepeda. Kubica berulang kali mengayuh pedal untuk mengitari sirkuit balapan F1. Bukan hanya itu, ia juga pernah mengikuti salah satu Granfondo terbesar di Italia, Maratona dles Dolomites pada Juli 2019 lalu.

Terbaru, Kubica ambil bagian di e-Tour de Pologne. Menurutnya, bersepeda memiliki dampak positif baginya sebagai pembalap F1. "Ketika Anda menggunakan sepeda dalam ruangan, Anda dapat melatih pikiran, konsentrasi, refleks dan perhatian. Sehingga nantinya Anda bisa menjadi pengemudi yang lebih baik," jelas Kubica.

Balapan virtual Tour de Pologne diadakan pada 9, 16, 23, dan 30 Mei. Pada seri kedua Sabtu kemarin, jumlah peserta ajang ini mencapai seribu orang. Selain Kubica, ajang ini juga diikuti Olimpian asal Polandia, Anita Wlodarczyk. Selain itu, ajang ini juga disiarkan oleh televisi Polandia.

"Kompetisi ini sama. Anda harus siap, Anda harus memiliki stamina," bilang Direktur Tour de Pologne, Czeslaw Lang kepada Reuters.

Sementara itu, Tour de Pologne 2020 seharusnya digelar 5-11 Juli. Namun pandemi coronavirus membuat balapan ini mundur menjadi 5-9 Agustus. Menurut Lang, jadwal anyar yang dikeluarkan Union Cycliste Internationale (UCI) menengangkat harapan penyelenggara Tour de Pologne.

"Prioritasnya adalah menjaga kesehatan masyarakat. Memastikan bahwa kompetisi dapat dilakukan dengan keselamatan penuh," bilangnya.(mainsepeda)

Foto: Instagram Robert Kubica


COMMENTS