Dimulai dari Vietnam, Balap Sepeda Akhirnya Bergulir Lagi
by - May 17, 2020

Kompetisi balap sepeda telah kembali pekan depan. Sebuah ajang balap sepeda di Vietnam bertajuk HTV Cup akan digelar dalam 18 etape, mulai 19 Mei hingga 7 Juni. HTV Cup akan menjadi balapan pertama yang digelar setelah libur dua bulan akibat pandemi coronavirus.

HTV Cup merupakan ajang balap sepeda yang digelar oleh Ho Chi Minh City Television. Meski belum menjadi agenda resmi UCI, event yang sudah memasuki edisi ke-32 ini termasuk yang terbesar di Vietnam. HTV Cup seharusnya dilangsungkan pada April lalu. Namun ajang ini mengalami penundaan karena pandemi coronavirus di Vietnam.

Ketika kondisi di Vietnam sudah stabil, dengan 288 kasus coronavirus dan tak ada satu pun yang meninggal dunia, HTV Cup pun siap digulirkan. Balapan ini akan diikuti 12 tim. Setiap tim bisa menurunkan tujuh pembalap. Balapan akan disiarkan secara live di Facebook dan YouTube.

"Sekarang semuanya baik-baik saja di sini. Balapan kami akan menjadi acara olahraga pertama di Vietnam setelah pandemi Covid-19. Pembalap tak akan menggunakan masker. Hanya staf, fotografer, juri, pengendara motor dan lainnya yang menggunakan masker," jelas anggota komite pelaksana, Duc Phat Nguyen kepada Cyclingnews.

Mayoritas peserta HTV Cup adalah pembalap asli Vietnam. Namun, penyelenggara memberikan pengecualian bagi Javier Sarda Perez (Spanyol/Thanh Pho Ho Chi Minh) dan Loic Desriac (Perancis/Bikelife Dong Nai). Sarda adalah juara bertahan. Sementara Desriac sudah pindah dan menikah dengan warga Vietnam.

"Saya biasanya menghabiskan delapan bulan setahun di Vietnam. Saya kembali ke Spanyol ketika tidak ada balapan di Vietnam," kata Sarda. Ia mengaku tiba di Kota Ho Chi Minh pada Februari lalu sebelum pandemi coronavirus. Ia telah berlatih keras demi mempertahankan gelarnya di HTV Cup.

"Saya telah berlatih dengan sangat baik dalam beberapa bulan terakhir ini dengan tujuan memenangkan HTV Cup. Ini adalah balapan paling penting bagi tim saya," imbuh pembalap 31 tahun tersebut.

Sementara itu, Desriac menjelaskan jika HTV Cup merupakan ajang balap sepeda besar di Vietnam. Balapan ini disorot oleh banyak media lokal. "Balapan biasanya untuk merayakan penyatuan kembali negara pada 1976. Tahun ini dimulai pada 19 Mei karena ini adalah hari ulang tahun Ho Chi Minh," ujar Desriac.

HTV Cup akan menempuh 18 etape dengan total jarak 2.183 kilometer. Balapan akan dimulai dari Vong Quang Truong di utara Vietnam, dan berakhir di Kota Ho Chi Minh di selatan Vietnam.(*)

Jadwal HTV Cup

19 Mei: Vong Quang Truong, 52km

20 Mei: Nghe An-Quang Binh, 199km

21 Mei: Quang Binh-Hue, 162km

22 Mei: Hue, 42km

23 Mei: Hue-Da Nang, 113km

24 Mei: Da Nang-Tam Ky, 130km

26 Mei: Vonh Thanh Pho Tam Ky, 50km

27 Mei: Tam Ky-Quy Nhon, 230km

28 Mei: Quy Nhon-Pleiku, 167km

29 Mei: Pleiku-Buon Me Thuot, 180km

30 Mei: Buon Me Thuot, 50km

31 Mei: Buon Me Thuot-Nha Trang, 190km

2 Juni: Nha Trang, 36km

3 Juni: Nha Trang-Phan Rang, 135km

4 Juni: Phan Rang-Da Lat, 123km

5 Juni: Da Lat, 51km

6 Juni: Da Lat-Bao Loc, 110km

7 Juni: Bao Loc-Ho Chi Minh City, 163km

Foto: HTV


COMMENTS