Sponsor Alami Krisis Keuangan, Tim CCC Potong Gaji Pembalap
by - May 12, 2020

Salah satu tim WorldTour yang terdaftar di Polandia, CCC harus memangkas gaji pembalapnya hingga 50 persen. Keputusan tersebut diambil karena CCC shoes and bags sebagai sponsor utama tim itu mengalami krisis finansial akibat pandemi coronavirus.

Guncangan di tim yang menaungi peraih medali emas Olimpiade 2016, Greg Van Avermaet itu sudah terasa sejak April lalu. Pada saat itu General Manager CCC, Jim Ochowicz mengumumkan bahwa manajemen harus menangguhkan sebagian besar gaji staf, dan memotong bayaran para pembalap.

"Agar memiliki anggaran untuk balapan ketika musim dimulai kembali, kami harus menangguhkan sementara gaji semua staf dan mengurangi gaji pembalap," kata Ochowicz awal bulan ini.

Terbaru, setelah bernegosiasi dengan Ochowicz, para pembalap menerima pemotongan gaji hingga 50 persen. Langkah ini terpaksa diambil agar tim Oranye bisa bertahan hingga akhir musim. Sebab WorldTour 2020 akan digelar kembali pada Agustus hingga November nanti.

"Segera setelah balapan dapat dilanjutkan kembali, kami berharap bisa mengembalikan sebanyak mungkin staf pendukung dan mengevaluasi kembali anggaran kami," imbuh Ochowicz.

Pembalap berharap tim membayar gaji bulan Maret secara penuh, dengan potongan 50 persen pada sisa kontrak mereka musim ini. Menurut regulasi UCI, pemotongan gaji tidak boleh membuat pembalap menerima upah kurang dari angka minimum yang ditetapkan UCI, yakni 38 ribu Euro.

Koran asal Belgia, Het Nieuwsblad dan media dari Italia, La Gazzetta dello Sport melaporkan, CCC shoes and bags sebagai sponsor utama akan mengakhiri kerja sama dengan tim ini pada akhir musim nanti. Padahal mereka masih terikat kontrak hingga musim 2021.

Pengecualian untuk CCC-Liv. Menurut WielerFlits, tim putri CCC ini memiliki perjanjian tersendiri dengan pihak sponsor. Dan mereka telah memenuhi kewajiban mereka sejauh ini tahun ini. Hingga saat ini tim CCC menolak berkomentar. Namun mereka siap memberikan keterangan sesegera mungkin.

Kabar baiknya, Giant sebagai sponsor sepeda CCC tak serta merta akan meninggalkan tim ini. Mereka akan terus mendukung tim di masa depan. Sekarang, Ochowicz dan perusahaan Continuum Sports-nya harus mencari sponsor pengganti jika masih ingin berlaga di WorldTour 2021.

Sementara itu, media-media di Polandia juga melaporkan bahwa pandemi coronavirus membuat banyak gerai CCC shoes and bags ditutup. Bukan hanya itu, harga saham dan pendapatan CCC pun anjlok. Pemilik CCC, miliarder Dariusz Milek harus memangkas biaya sebagai respons atas kondisi ini.

Bankier.pl melaporkan Grup CCC baru-baru ini membuat perjanjian dengan beberapa bank untuk mengamankan pembiayaan selama 12 bulan ke depan. Untuk merestrukturisasi pengeluaran kuartal kedua, mereka dipaksa menghentikan semua kucuran dana ke dunia olahraga.

Menurut Cyclingnews, masalah keuangan juga melanda tim WorldTour lainnya, seperti EF Pro Cycling, Astana, dan Lotto Soudal. Konon, kondisi serupa juga terjadi di tim putri Bahrain McLaren dan Mitchelton-Scott. Semuanya telah memotong atau menunda gaji pembalapnya.(mainsepeda)

Foto: CCC, Giant


COMMENTS