Lawan Covid-19 ala Komunitas Sepeda
Bikeberry Surabaya Bagikan Paket Buka Puasa
by - May 08, 2020

Ramadan bulan penuh berkah. Ramadan adalah momen untuk saling berbagi, apalagi di tengah pandemi coronavirus seperti saat ini. Hal inilah yang dilakukan salah satu komunitas di Surabaya, Bikeberry. Mereka membagikan makanan untuk berbuka puasa kepada warga Kota Pahlawan yang membutuhkan.

Bikeberry mulai mengumpulkan donasi sejak awal Ramadan. Hasilnya sangat positif. Ada banyak member yang mengulurkan tangannya untuk mereka yang membutuhkan. Dana yang terkumpul kemudian diwujudkan dengan pembelian paket makanan. Sejak awal Mei lalu paket-paket ini mulai dibagikan.

"Ada sekitar 770 paket buka yang dibagikan. Paket-paket buka puasa ini akan didistribusikan hingga akhir Ramadan. Kami lakukan dua kali dalam seminggu," ujar Nasrullah Fahmi, humas Bikeberry Surabaya kepada Mainsepeda.com.

Pembagian tahap pertama dilakukan pada 2-3 Mei lalu. Kemudian aksi kedua akan digelar 9-10 Mei besok. Selanjutnya, pembagian paket buka puasa juga akan dilakukan pada 16-17 Mei mendatang. Distribusi dilakukan dengan bersepeda berkeliling Surabaya.

"Uang hasil donasi anggota kami wujudkan dalam paket buka puasa. Ada banyak opsi sebenarnya. Tapi kami putuskan untuk berbagi makanan. Sasaran kami adalah para tukang becak, tukang sapu jalan, tukang tambal ban, atau supir angkot," imbuh Fahmi, sapaan akrabnya.

Aksi berbagi paket buka puasa menjadi salah satu kegiatan positif Bikeberry Surabaya selama pandemi coronavirus. Sebelumnya, mereka juga menggelar tantangan seru-seruan untuk seluruh cyclist. Namanya #gowesdirumahsaja. Mereka menantang cyclist untuk membuat video sekreatif dan sekocak mungkin tentang aktivitas selama di rumah.

Berbagai kegiatan kreatif dan positif ini dilakukan untuk mengusir rasa jenuh akibat intensitas gowes di luar rumah yang berkurang, atau tidak sama sekali, selama pandemi coronavirus. Sebagai gantinya mereka gowes di rumah. Beberapa di antaranya menggunakan aplikasi Zwift.

"Kami mengikuti anjuran pemerintah untuk di rumah saja. Kami tidak menganjurkan untuk gowes di luar rumah atau gowes bareng," jelasnya.(mainsepeda)

Foto: Dokumentasi Bikeberry


COMMENTS