Taklukkan Tanjakan Tertinggi di Swiss, Nicolas Roche Juara Etape Ketiga

Etape ketiga Tour de Suisse 'The Digital Swiss 5', Jumat (24/4) menjadi milik Nicolas Roche (Team Sunweb). Ia menuntaskan balapan sejauh 33 kilometer, dari Fiesch menuju puncak Nufenen Pass, dengan catatan waktu 1 jam 12 menit 11 detik. Roche unggul atas Ilnur Zakarin (CCC Team) dan Larry Warbasse (AG2R La Mondiale).

Etape ketiga disebut sebagai yang terberat di Digital Swiss 5. Di sini para pembalap melalui jalanan tertinggi di Swiss, yakni Nufenen Pass. Para pembalap disapa dengan trek datar sepanjang 20 kilometer. Kemudian mereka mulai menanjak sejauh 13 kilometer menuju garis akhir. Total ketinggiannya 1,512 meter.

Pembalap AG2R La Mondiale, Pierre Latour sempat memimpin sendirian di hampir separuh balapan. Namun tiba-tiba ia menghilang dari layar pada 10 kilometer menjelang finis. Laman Twitter Tour de Suisse mengonfirmasi bahwa Latour telah didiskualifikasi karena masalah teknis dengan home trainer-nya.

Roche yang mengekor di belakang Latour pun mengambil alih kendali lomba. Rider asal Republik Irlandia ini tak terkejar, dan menjadi yang pertama melewati garis finis. Zakarin berhasil menempati posisi kedua, sedangkan Warbasse di tempat ketiga.

"Sejak awal ini benar-benar balapan yang sulit dan intens. Saya hanya harus mengatur kecepatan karena saya masih dikuntit (Michal) Kwiatkowski, Zakarin, dan Warbase," kata rider 35 tahun ini seusai balapan.

Eks pembalap Team Sky ini tak menduga jika balapan ini berjalan cukup sulit. Sebab tanjakan di 13 kilometer terakhir rupanya lebih berat dari yang diperkirakan. Semula ia berharap bisa menyelesaikan balapan ini dalam 1 jam 5 menit, bukan 1 jam 10 menit.

"Tiga kilometer terakhir benar-benar mengerikan. Tapi beruntung Anda menggunakan home trainer sehingga bisa meraih pegangan dan tidak jatuh dari sepeda," tutur juara etape pertama Vuelta a Espana 2017 itu.(mainsepeda)

Hasil Etape 3 Digital Swiss 5 (Sepuluh Besar)

1. Nicolas Roche (Irlandia), Sunweb 1 jam 12 menit 11 detik

2. Ilnur Zakarin (Rusia), CCC +1,11

3. Larry Warbasse (Amerika Serikat), Ag2r La Mondiale +1,18

4. Chris Hamilton (Australia), Sunweb +1,40

5. James Whelan (Australia), EF Pro Cycling, +1,51

6. Michal Kwiatkowski (Polandia) Ineos, +2,05

7. Hermann Pernsteiner (Austria), Bahrain McLaren +2,30

8. Louis Meintjes (Afrika Selatan), NTT Pro Cycling +2,54

9. Rein Taaramae (Estonia), Total Direct Energie +3,08

10. Gavin Mannion (Amerika Serikat), Rally Cycling +3,25


COMMENTS