Peta untuk Mudahkan Pekerja di Inggris Dapatkan Akses Sepeda Saat Lockdown

Kegiatan amal yang dibuat stakeholder olahraga sepeda di Inggris untuk mempermudah kerja orang-orang yang "berjuang" menangani coronavirus makin meluas. Yang terbaru, sebuah lembaga membuat sebuah peta untuk mempermudah petugas The National Health Service (NHS) maupun para pekerja utama (key workers) lainnya mendapatkan akses sepeda selama lockdown.

Lembaga itu adalah Sustrans. Mereka selama ini memang bergerak di bidang amal khususnya yang berkaitan dengan aktivitas pejalan kaki dan pesepeda. Sustrans memberi nama proyeknya itu 'Cycles for Key Workers'. Peta berbasis web itu diharapkan bisa mempermudah para pekerja utama di Inggris yang harus bekerja di luar rumah dalam rangka memerangi pandemi Covid-19.

Saat ini ada 40 persen tenaga kerja di Inggris yang digolongkan oleh pemerintah sebagai key workers. Di dalamnya mencakup karyawan NHS, petugas kebersihan, penjaga dan pekerja supermarket.

Sebelum peta itu dibuat, toko-toko sepeda di Inggris memang sudah menawarkan sejumlah bantuan. Di antaranya akses sepeda sewa gratis, hingga perbaikan dan perawatan. Di tengah kebijakan lockdown, pemerintah Inggris juga memperbolehkan toko sepeda, bengkel sepeda dan penyedia layanan sepeda sewa untuk tetap buka.

Nah, melalui peta ini nantinya para pengakses bisa lebih mudah mengetahui di mana saja mereka dapat layanan terkait sepeda untuk bekerja. Bentuk peta ini seperti halnya Google Maps yang menyediakan pin-pin. Pin itu menyajikan informasi yang dibutuhkan. 

Direktur Pengembangan di Sustrans, Susie Dunham mengatakan, dalam krisis Covid-19 ini bersepeda sangat penting bagi banyak pekerja utama untuk pergi ke dan dari tempat kerja setiap hari.

Peta online dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan pekerja kunci dan kami berharap ini akan terbukti bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkan siklus untuk bekerja, baik itu komuter berpengalaman yang mungkin memerlukan suku cadang atau pemula yang membutuhkan akses ke siklus.

“Tiap hari mereka membutuhkan perjalanan rata-rata 5 mil (sekitar 8 km). Itu adalah jarak yang dengan mudah ditempuh dengan sepeda, kira-kira hanya butuh 30 menit. Karena industri sepeda sudah bersatu mendorong orang-orang ini bekerja sangat keras, maka maps ini diharapkan bisa lebih mempermudah," kata Dunham. Suami Susie Dunham sendiri sehari-hari bekerja di NHS.

Apa yang dilakukan Sustrans ini didukung oleh banyak pihak yang bergerak di sektor transportasi. Rachel Aldred dari University of Westminster misalnya. Ia menyambut inisiatif Sustrans dalam membantu para pekerja utama bisa bersepeda lebih mudah.

“Bersepeda adalah moda transportasi yang sehat dan paling memungkinkan dilakukan dalam kondisi orang-orang harus menjalani physical distancing seperti sekarang ini," ujarnya. 

Menurut Aldred, apa yang terjadi saat ini perlu ditindaklanjuti Pemerintah Inggris dengan membuat kebijakan yang bisa bikin para pesepeda lebih aman di jalanan. "Seperti misalnya di Bogota di mana mereka punya jaringan jalur sepeda yang sangat besar," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Transportasi Inggris Chris Heaton-Harris mengatakan, penting pagi semua pihak untuk bisa membantu para pekerja utama bisa beraktivitas dengan normal tiap harinya. Termasuk mendapatkan akses transportasi. Dengan begitu mereka dapat berkonsentrasi pada pekerjaan penting mereka.

“Cycles for Key Workers adalah inisiatif hebat yang akan membantu orang menemukan toko sepeda, sepeda sewa, dan peralatan terdekat. Langkah ini juga bisa berdampak pada penghematan uang selama masa pandemi ini," ujarnya.(mainsepeda)


COMMENTS