Pertama Sejak Era Perang Dunia, Tour de Suisse 2020 Dibatalkan

Tour de Suisse 2020 resmi dibatalkan. Balapan terbesar di Swiss ini seharusnya dilangsungkan pada 6-14 Juni mendatang. Akan tetapi, pandemi covid-19 di negara itu dan seluruh dunia memaksa pihak penyelenggara untuk membatalkan balapan ini.

Pembatalan balapan ini diumumkan Jumat (3/4) malam. Pihak penyelenggara mengatakan, keputusan tersebut telah disepakati oleh seluruh mitra yang terkait di Tour de Suisse 2020. Ada banyak faktor yang menyebabkan Tour de Suisse 2020 batal digelar.

Faktor pertama adalah ketidak pastian tentang kapan pandemi coronavirus akan berakhir. Faktor kedua adalah kebijakan masing-masing negara tentang bersepeda. Ada yang melarang, ada pula yang menganjurkan dengan sejumlah aturan yang harus dipatuhi.

Faktor ketiga adalah risiko bagi sistem kesehatan di Swiss. Keempat, jika Tour de Suisse 2020 tetap dilanjutkan, pihak penyelenggara terancam tidak mendapatkan pemasukan. Kelima, kalau pun harus ditunda, itu hanya akan meningkatkan biaya pengeluaran.


"Dengan berat hati kami membuat keputusan ini karena pandemi coronavirus. Kami yakin ini adalah solusi terbaik untuk memberikan kepastian dan keamanan bagi peserta, seluruh fans dan mitra kami," bilang Olivier Senn, Co-Managing Director Tour de Suisse.

Tour de Suisse telah digelar sejak 1933. Selama hampir 90 tahun balapan ini eksis, Tour de Suisse sudah empat kali tidak menggelar balapan. Yakni pada 1940, 1943, 1944, dan 1945. Perang Dunia menjadi sebab peniadaan balapan ini kala itu.

"Bagi Tour de Suisse sendiri, ini merupakan langkah penting untuk memastikan kelanjutan acara ini di masa depan. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua sponsor, kota tuan rumah, dan staf kami atas dukungan dan solidaritas yang luar biasa ini," imbuh Senn.


Penyelenggara sedang menyusun format yang berbeda untuk Tour de Suisse 2021 mendatang. Hanya saja mereka masih belum menentukan tanggal pastinya. Sebab ada Olimpiade Tokyo yang bakal dilangsungkan musim panas 2021. Penyelenggara berasumsi bahwa event ini akan berlangsung awal Juni tahun depan.

Sementara itu, penyelenggara Tour de Suiss menggelar balapan virtual bersama tim profesional terbaik di dunia. Ajang ini akan digelar 22-26 April mendatang. Balapan virtual Tour de Suisse bakal disiarkan langsung oleh Radio Swiss dan SRF TV.(mainsepeda)


COMMENTS