Dramatis, Pogacar Bikin Lutsenko Ambyar!

Alexey Lutsenko (Astana) ambyar! Pembalap asal Kazakhstan ini berpeluang besar untuk memenangkan etape kelima UAE Tour 2020, Kamis (27/2) sore waktu setempat. Namun, kemenangan itu berhasil digagalkan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) hanya beberapa sentimeter sebelum garis finis.

Etape kelima UAE Tour 2020 menyuguhkan medan sejauh 162 kilometer. Dari Al Ain menuju puncak Jebel Hafeet. Pogacar menuntaskan etape ini dengan catatan waktu 3 jam 48 menit 53 detik. Lutsenko dipaksa puas di posisi kedua. Sementara Adam Yates (Mitchelton-Scott) menempati peringkat ketiga.

Medannya didominasi rute flat sepanjang 140 kilometer. Ada dua titik intermediate sprint di Al Qattara (KM 24), dan Green Mubazzarah (KM 148). Tanjakan baru dimulai pada KM 151. Atau sekitar 11 kilometer menjelang garis akhir di puncak Jebel Hafeet.

Balapan dibuka dengan aksi breakaway oleh lima pembalap. Kelimanya adalah James Knox (Deceuninck – Quickstep), Larry Warbasse (Ag2r La Mondiale), Tosh Van Der Sande (Lotto-Soudal), Andrea Garosio (Vini Zabú-KTM) dan Cristian Scaroni (Gazprom-RusVelo). Mereka meninggalkan peleton dengan gap lima menit.

Jarak antara pemimpin lomba dengan peleton semakin tipis menjelang tanjakan. Satu per satu pembalap terdepan berhasil ditangkap oleh rombongan besar. Hingga menyisakan James Knox sendirian di depan. Rider asal Inggris ini memimpin hingga 5 kilometer menjelang finis.

Pogacar melancarkan serangan pada 4 kilometer terakhir. Disusul Yates, Lutsenko, David Gaudu (Groupama-FDJ), dan Ilnur Zakarin (CCC) di belakangnya. Kelimanya berhasil menangkap Knox pada 3.5 kilometer menjelang garis finis. Knox pun tercecer. Hanya tersisa lima pembalap di baris terdepan.

Kalimanya terus bersama hingga 150 meter menjelang finis. Gaudu dan Zakarin mengendur sebelum tikungan terakhir. Hanya menyisakan tiga pembalap yang bertarung di penghujung etape. Lutsenko terdepan. Pogacar dan Yates berada beberapa meter di belakangnya.

Seketika balapan ini seharusnya menjadi milik Lutsenko. Namun, ia melambat hanya beberapa sentimeter menjelang finis. Lutsenko juga melepaskan tangan kanannya dari handlebar, seakan bersiap melakukan selebrasi. Tiba-tiba muncul Pogacar yang melakukan overtake dari sisi kanan.

Boom, kemenangan Lutsenko yang sudah di depan mata menjadi ambyar. Pogacar lah yang menjadi jawara di etape kelima UAE Tour 2020. Rider 21 asal Slovenia ini berhasil finis pertama di depan Lutsenko, dan Yates.

"Ini adalah kemenangan yang luar biasa. Saya melihat celah di satu meter terakhir, saya kayuh sekuat tenaga dan berhasil memenangkan balapan ini," kata Pogacar. Sayang kemenangan ini belum cukup bagi Pogacar untuk menggusur Yates dari puncak General Classification. Keduanya terpaut gap 1 menit 1 detik.(mainsepeda)

Hasil Etape 5 UAE Tour 2020 (Sepuluh Besar)
1. Tadej Pogacar, UAE Team Emirates 3 jam 48 menit 53 detik
2. Alexey Lutsenko, Astana +0,00
3. Adam Yates, Mitchelton-Scott +0,00
4. David Gaudu, Groupama-FDJ, +0,04
5. Ilnur Zakarin, CCC Team +0,07
6. Davide Formolo, UAE Team Emirates +0,23
7. Alejandro Valverde, Movistar +0,23
8. Wilco Kelderman, Sunweb +0,24
9. Victor de la Parte, CCC +0,24
10. Rafal Majka, Bora-Hansgrohe +0,27

General Classification Setelah Etape Kelima (Sepuluh Besar)
1. Adam Yates, Mitchelton-Scott, 20 jam 35 menit 04 detik
2. Tadej Pogacar, UAE Team Emirates +1,01
3. Alexey Lutsenko, Astana +1,33
4. David Gaudu, Groupama-FDJ +1,48
5. Rafal Majka, Bora-Hansgrohe, +2,11
6. Wilco Kelderman, Sunweb +2,34
7. Ilnur Zakarin, CCC +2,34
8. Davide Formolo, UAE Team Emirates, +2,39
9. Diego Ulissi, UAE Team Emirates +2,47
10. Victor de la Parte, CCC +2,51

Foto: UAE Tour, Bettini Photo, Zuma Press/PA Images


COMMENTS